Home > Berita > Riau

Posko Kesehatan ”Darurat Asap” yang Dibangun Pemprov Riau Sempat Kosong, Hanya Ada Kursi Tersusun Rapi

Posko Kesehatan ”Darurat Asap” yang Dibangun Pemprov Riau Sempat Kosong, Hanya Ada Kursi Tersusun Rapi

Posko kesehatan yang dibangun Pemprov Riau ini sempat kosong tanpa ada tim kesehatan. (foto: detik.com)

Senin, 14 September 2015 15:35 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Posko Kesehatan yang dibangun Pemprov Riau dalam penanggulangan kesehatan dampak polusi udara sempat kosong tanpa ada tim kesehatan. Mau tau apa alasannya? Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Sjafril tidak membantah bila posko di Jl Sudirman Pekanbaru kosong melompong. Di sana tak ada tim medis yang akan menangani dampak asap terhadap warga.

"Benar di posko tak ada tim medis. Ini kesalahan administrasi. Padahal kemarin kita rapat bersama termasuk dengan Pemkot Pekanbaru. Dalam keputusan rapat, sudah disepekati bahwa hari ini tim medis Pemkot Pekanbaru yang mengisi posko tersebut," kata Andra, Senin (14/9/2015).

Tapi rupanya urusan birokrasi masih menjadi kendala. Tim Dinkes Pemkot belum mau bertugas di Posko Kesehatan karena belum ada surat delagasi yang diteken Dinas Pemprov Riau.

"Jadi tim Dinkes Pemkot Pekanbaru belum mau bekerja di posko karena belum ada surat tugas yang saya teken ke mereka. Tapi tadi surat penugasan itu sudah saya teken. Jadi ini memang kendala birokrasi saja," kata Andra.

Jika Pemkot Pekanbaru tak bersedia, lanjut Andra, maka secara otomatis ini diambil alih Provinsi Riau. Dinkes Riau sudah berkoodirnasi dengan Tim Kesehatan Polda Riau dan Tim Kesehatan Korem Wirabima, untuk sama-sama menangani korban asap di posko yang telah tersedia.

"Kalau memang siang ini belum juga Dinkes Pemkot Pekanbaru bertugas di sana, maka alternatif kedua kita laksanakan. Tim Dinkes Riau akan mengisi posko tersebut," kata Andra.

Sebagaimana diketahui, tadi pagi banyak warga kecewa karena posko tak ada tim kesehatan. Dalam posko kesehatan hanya ada kursi yang tersusun rapi. Warga kecele tak jadi berobat di posko tersebut.***

(Akham Sophian)
Sumber:Detik.com
wwwwww