Home > Berita > Rohil

Asap Kian Gila, Sekolah di Rohil Libur

Asap Kian Gila, Sekolah di Rohil Libur

Kepala Dinas Pendidikan Rohil Ir H Amiruddin MM. (foto: potretnews/jaka abdillah)

Senin, 14 September 2015 16:22 WIB
Jaka Abdillah
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, (14/9/2015) meliburkan sekolah karena diselimuti asap tebal. Kebijakan itu ditempuh karena situasi sudah tidak kondusif untuk dilaksanakannya proses belajar-mengajar. "Kami menginstruksikan kepada UPTD-UPTD Dinas Pendidikan yang berada di Kabupaten Rohil, kalau asap begitu tebal dan membahayakan kesehatan anak-anak, sekolah boleh diliburkan," kata Kepala Dinas Pendidikan Rohil Ir H Amiruddin MM, Senin (14/9/2015). Seminggu yang lalu, kata Amiruddin, pihaknya telah menginstruksikan kepada UPTD yang berada di Kecamatan Tanahputih Tanjung Melawan dan Tanahputih Sedinginan serta sekitarnya, agar meliburkan siswa/siswa sekolah akibat asap di daerah itu.

Khusus untuk Kecamatan Bangko, imbuh kadisdik, sekolah-sekolah telah diliburkan pada hari senin (14/9/2015), akibat asap begitu tebal. Jika hari Senin ini kondisi asap masih tebal, maka tetap diliburkan. Tapi jika kondisi asap sudah hilang, maka anak-anak harus ke sekolah.

"Sesuai instruksikan Bapak Bupati Rohil, kita diminta untuk terus memantau dan berkoordinasi dengan instansi terkait, terutama dalam memantau perkembangan kabut asap. Jika kondisi asap ini masih parah sampai besok pagi, tentu untuk SLTP dan SLTA harus tetap diliburkan," ucapnya.

Amiruddin juga meminta kepada anak sekolah, jika tidak ada hal-hal mendesak agar tidak tidak beraktivitas di luar rumah. Terlebih bagi anak-anak usia balita maupun sekolah, agar tetap berada di dalam rumah. Karena hakikat dari meliburkan sekolah, tujuannya agar anak-anak tidak beraktivitas di luar rumah.

"Masalah ini perlu kami ingatkan, karena kabut asap ini memberikan dampak negatif bagi kesehatan, seperti gangguan pernafasan maupun ISPA," ujarnya.

Pada bagian lain, kepala dinas juga mengingatkan sekolah-sekolah telah meliburkan siswanya, agar sewaktu masuk sekolah nantinya langsung melanjutkan pelajaran yang tertinggal.***

(Mario A Khair)
wwwwww