Mistisnya Ritual ”Mambang Deo-deo” Panipahan Ditampilkan di Festival Budaya Nusantara

Mistisnya Ritual ”Mambang Deo-deo” Panipahan Ditampilkan di Festival Budaya Nusantara

Ilustrasi ”Mambang Deo-deo”.

Minggu, 13 September 2015 11:40 WIB
Jaka Abdillah
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com- Festival Budaya Nusantara Kawasan Perbatasan Negara 2015 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir akan menampilkan tarian Mambang Deo-deo asal Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas. Pelepasan dilakukan Sabtu (12/9/2015) di halaman kantor bupati oleh Kepala Dinas Dispora Drs H Zulkarnain Nur. Pada kesempatan itu, Zulkarnain memberikan pengarahan kepada tim, dilanjutkan Kepala Badan Pengelola Perbatasan (BPP) Rohil, Wazirman Yunus.

Usai melepas, Kadisbudparpora Zulkarnain Nur menjelaskan, jumlah peserta terdiri dari 10 penari, 10 pemusik, make up, ofisial tujuh orang, ditambah staf Disbudparpora termasuk kabid kebudayaan yang menjadi koordinator selama acara di TMII. Pihaknya bertekad menampilkan yang terbaik.

”Tarian yang kita tampilkan berasal dari Kecamatan Pasirlimau Kapas, Mambang Deo-deo. Tarian ini sebagai tarian khusus, macam ada ritualnya, macam tenaga kebatinan, sebangsa kesurupan gitu,” ucap Zulkarnain, Sabtu (12/9/2015).

Sebelum berangkat, kata dia, pihaknya telah mendapatkan surat, berkonsultasi kepada bupati untuk meminta petunjuk dalam rangka melakukan persiapan.

(Mario A Khair)
Kategori : Pemerintahan, Umum, Rohil
wwwwww