Home > Berita > Riau

Asap Tambah Pekat, Jumlah Penderita ISPA di Riau Terus Meningkat

Asap Tambah Pekat, Jumlah Penderita ISPA di Riau Terus Meningkat
Sabtu, 12 September 2015 09:20 WIB
.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kabut asap yang melanda Riau makin hari makin pekat. Jumlah penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) pun terus meningkat tajam. Hingga Jumat 11 September 2015, penderita penyakit saluran pernafasan itu sudah mencapai 14.566 jiwa.

Jumlah itu diprediksi meningkat karena kabut asap pekat masih menyelimuti Pekanbaru.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Andra Sjafril SKM kepada wartawan di Jalan Kapau Sari, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

Menurut Andra, penyakit ISPA yang diderita warga Pekanbaru itu disebabkan menghirup udara yang tercemat kabut asap pekat. Supaya jumlah penderita tak bertambah, dia menghimbau warga untuk membatasi aktivitas di luar.

"Kalau pun terpaksa keluar, gunakan masker. Namun sebaiknya, kurangi saja. Apalagi dengan kondisi jarak pandang seperti ini yang hanya 500 meter di Pekanbaru," ungkap Andra.

Menurut Andra, jumlah penderita ISPA tersebut merupakan laporan Puskesmas, Klinik Kesehatan dan rumah sakit yang ada di kabupaten dan kota di Riau.

Andra menyebutkan, kondisi udara di kabupaten dan kota di Riau sudah tidak sehat bagi kesehatan. Kadar polusi akibat asap menyebabkan oksigen berkurang di udara.

"Rata-rata kadar polusi sudah melebihi 300 Psi. Ini sudah tidak sehat bagi kesehatan. Sebaiknya warga kurangi aktivitas di luar," imbau Andra.

Kategori : Riau, Lingkungan, Hukrim, Inhil
Sumber:liputan6.com
wwwwww