Bisa Jadi Senjata Pengentasan Kemiskinan, Lomba Teknologi Tepat Guna Munculkan Potensi Kreatif Masyarakat Rohil

Bisa Jadi Senjata Pengentasan Kemiskinan, Lomba Teknologi Tepat Guna Munculkan Potensi Kreatif Masyarakat Rohil

Pemenang lomba foto bersama penyelenggara.

Jum'at, 11 September 2015 03:41 WIB
Jaka Abdillah
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com – Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, menggelar Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG), Tahun Anggaran 2015. Iven ini dinilai sesuai dengan salah satu misi pembangunan daerah yang tercantum dalam rencana pembangunan rencana panjang Rohil. Pemerintah kabupaten melalui Bapemas berusaha untuk memfasilitasi dengan mengadakan kegiatan lomba inovasi TTG yang diikuti oleh masyarakat Rohil secara umum, mahasiswa maupun pelajar. Lomba ini sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian serta penghargaan pemerintah daerah terhadap masyarakat yang mempunyai kreasi, inovasi TTG yang ramah lingkungan.

"Teknologi Tepat Guna adalah teknologi yang dirancang bagi masyarakat tertentu agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dapat dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat secara mudah, serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi maupun aspek lingkungan,” kata Kepala Bapemas Rohil Hj Murniwaty, Kamis (10/9/2015) di ruang kerjanya.

Lomba TTG yang berlangsung Rabu (9/9/2015) lalu, ujar Murniwaty, secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan memproduksi ini tentunya memberikan nilai tambah pada komunitas lokal unggul. Dengan begitu, diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat. Bukan hanya itu, TTG juga dapat menciptakan kelompok usaha mandiri yang berkemampuan dalam mendorong kegiatan ekonomi produktif.

Dalam lomba kemarin, sebanyak 18 peserta mengikuti lomba untuk bersaing mendapatkan hadiah belasan juta rupiah. Sementara dewan jurinya adalah Ir Syawaldi MSc (dosen Fakultas Teknik Universitas Islam Riau) dan Ir Siswo Pranoto MT (pengurus Kadin Riau).

Pemenang pada lomba ini masing-masing; kategori umum, juara 1 Dadang Iqwandy dan Harsi Sri Febriyantie dengan judul inovasi ”Alat Bantu Tongkat Elektronik untuk Penyandang Tuna Netra, juara 2 diraih Tomiri (Inovasi Pupuk Organik Duo Aksi, dan juara 3 Hendri Mulyadi (Teknologi Penyalaian Ikan dengan Sistem Tertutup).

Juara harapan 1 Harsi Sri Febriyantie dan Dadang Iqwandy dengan judul inovasi ”Rancangan Instalasi Pengolah Air Payau Menjadi Air Tawar untuk Masyarakat Pesisir Rohil”, juara harapan 2 Sukarman (Konversi Motor Berbahan Bakar Bensin Menjadi Bahan Bakar Gas LPG) dan juara harapan 3 Akhmad Fatah (Alamat Pemanas Air).

Untuk pemenang kategori pelajar, juara 1Akbar dan Hari Sumantri (SMAN 2 Rimba Melintang) dengan inovasi teknologi ”Anak Solusi untuk Air Gambut”. Juara 2 diraih Nurfadhilah Utami, Ninda Ferda Nurjanah dan Ahmad Al-Fayyadh (SMAN 1 Bangko) dengan inovasi ”Bunga Lidah Mertua sebagai Penangkal Radiasi” dan juara 3 diraih Ayu Sri Wahyuni D (SMKN 1 Rimba Melintang) dengan inovasi ”Induksi Pembuangan Durian (Durio Zibethinus Murr) di Luar Musim menggunakan Paklobut”.

(Mario A Khair)
Kategori : Pemerintahan, Rohil
wwwwww