Perjuangan Polisi di Pujud Padamkan Api, Berjalan Kaki Belasan Kilometer Sambil Pikul Mesin dan Selang

Perjuangan Polisi di Pujud Padamkan Api, Berjalan Kaki Belasan Kilometer Sambil Pikul Mesin dan Selang

Ilustrasi polisi memadamkan kebakaran lahan. (foto: rri.co.id)

Rabu, 09 September 2015 22:56 WIB
Jaka Abdillah
PUJUD, POTRETNEWS.com - Personel Polsek Pujud, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, terpaksa berjibaku menempuh jalan dengan medan yang sulit untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di lahan yang ada di Kepenghuluan Siarangarang, Pujud, Selasa (8/9/2015).
Begitu mengetahui adanya titik api di lokasi, polisi langsung bergerak guna melakukan pemadaman namun untuk menjangkau ke lokasi berjarak sekira 14 kilometer.

"Kebakaran lahan dan hutan ini sangat mengkhawatirkan. Sudah beberapa hari Rokan Hilir khususnya Kecamatan Pujud, dilanda asap yang cukup tebal. Oleh karena itu, sekira pukul 10.30 WIB personel Polsek Pujud melakukan pemadaman titik api yang berada di Kepenghuluan Siarangarang," kata Kapolres Rohil AKBP Subiantoro SH SIK didampingi Kapolsek Pujud AKP Sofyan.

Kebakaran lahan dan hutan di Siarangarang, terang kapolres, sedikitnya menghabiskan 20 hektar lahan milik masyarakat. Jenis lahan yang terbakar adalah jenis tanah gambut dengan kedalaman 4 meter.

"Akses menuju titik api juga sangat jauh sekitar 14 kilometer dan personel juga harus berjalan kaki sejauh 3 kilometer dengan memikul mesin serta selang untuk memadamkan api karena akses jalan menggunakan kendaraan bermotor tidak bisa. Hal tersebutlah yang menjadi kendala dalam pemadaman," bebernya.

Menurut kapolres, selain akses jalan yang tidak ada, di dekat titik api juga sumber air sangat terbatas karena kekeringan sedang melanda wilayah Pujud.

Namun Polsek Pujud dan dibantu oleh Tim Damkar PT Tunggal Mitra serta masyarakat setempat terus berupaya untuk mencari sumber air. Pemadaman yang menggunakan mesin pompa jenis Robin seadanya itu akhirnya dapat memadamkan api sekitar 14.00 WIB kemarin.

(Mario A Khair)
Kategori : Lingkungan, Rohil
wwwwww