PotretNews.com Senin 23 Januari 2017
Home >  Artikel >  Wisata

Berwisata ke Pekanbaru, Belum Afdol kalau Tak ke Mesjid Raya dan Makam Raja-raja

Berwisata ke Pekanbaru, Belum Afdol kalau Tak ke Mesjid Raya dan Makam Raja-raja

Makam raja-raja di sekitar Mesjid Raya Pekanbaru.

Kamis, 03 Maret 2016 20:41 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Selain bangunan Mesjid Raya Pekanbaru yang memiliki nilai historis, di areal mesjid seluas setengah hektare itu juga terdapat makam-makan Kerajan Siak. Makam Pekanbaru ini juga menjadi salah satu objek wisata religius yang bersejarah.
Makam yang terletak persis di sebelah timur masjid ini, terdiri dari lima makam yakni makam Abdul Jalil Alamudin Syah pendiri kota Pekanbaru, makam Tengku Muhammad Ali, Sultan Ismail, Sultan Yahya Abdul Jalil Muzafa Syah, dan makam Sayid Usman. Selain itu, terlihat juga makam keturunan Sultan Alamudin.

Kelima makam ini terletak di dalam sebuah kuba bangunan permanent, dan saat ini masih terjaga dan terawat dan bersih. Berdasarkan pantauan, luas dan lebar ke lima makam itu memliki perbedaan dengan makam lainya. Makam sultan-sultan Siak ini memiliki ukuran lebih panjang, dan lebih tinggi dari makam kebanyakan lainnya.

"Ukuran makamnya rata-rata 2 meter. Karena memang zaman dulu para sultan memiliki badan besar. Mereka berasal keturunan Arab. Wisatawan juga sering kemari berkunjung. Karena memang makam ini memiliki nilai sejarah," kata Ketua Umum Mesjid Raya Pekanbaru H Azhar Kasim di Mesjid Raya, Kecamatan Senapelan Pekanbaru, Minggu, beberapa waktu lalu.

Ads
Alasan para wisatawan berkunjung ke makam ke makan Sultan siak ini juga beragam. Mulai dari mendoakan para makam, ada juga yang ingin meminta sesuatu.

"Hari yang paling ramai saat berkunjung ke makam ini adalah pada saat menjelang bulan puasa dan pada saat libur. Mereka datang dari dalam dan luar negri," paparnya.

Jadi kalau Anda pergi ke Pekanbaru, belum afdol jika belum mengunjungi Mesjid Raya Pekanbaru maupun makam raja-raja ini. ***

Sumber:
Okezone.com

Editor:
Mukhlis

Kategori : Wisata
Ayla
www www