PotretNews.com Senin 29 Mei 2017
Home >  Artikel >  Wisata

Naik Gajah di Pekanbaru, Cuma Rp 10 Ribu… Mau?

Naik Gajah di Pekanbaru, Cuma Rp 10 Ribu… Mau?

Berkeliling dengan gajah di Kebun Binatang Kasang Kulim, Pekanbaru., hanya Rp. 10.000. (foto: detik.com)

Sabtu, 20 Februari 2016 10:01 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Taman Margasatwa Kasang Kulim (populer disebut Kebun Binatang Kasang Kulim) masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Tapi lokasinya masih di sekitaran perbatasan dengan Ibukota Provinsi Riau, Pekanbaru.Jika kita keluar dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, kita berbelok ke arah kanan menyusuri Jalan Kaharuddin Nasution. Ikuti saja terus jalur jalan ini sampai di perbatasan Kampar-Pekanbaru.

Di ujung Jalan Kaharuddin Nasution, bertemu dengan Jalan Kubang Raya dan terus ikuti. Di pertengahan ada pertigaan simpang Kubang Raya-Soekarno Hatta, yang bersebelahan dengan Markas Bataliyon Arhanud 13 Kubang Raya.

Pada pertigaan simpang ini, terus saja lurus masih menyusuri Jalan Kubang Raya sampai nanti bertemu lagi pertigaan simpang menuju Kampus SMU Plus Provinsi Riau. Di sini kita belok ke arah kanan menuju Kampus SMU Plus Provinsi Riau.

Ads
Kemudian jelang sampai ke kampus SMU Plus Provinsi Riau, nanti bertemu dengan Jl H Usman pada sisi kanan jalan. Dari jalan ini, sudah terlihat kampus SMU Plus Provinsi Riau yang megah, tapi belum sampai di pintu gerbang utamanya.

Selanjutnya masuk sikit menyisiri Jalan H Usman, dan ketemu deh Taman Marga Satwa Kasang Kulim. Mungkin menghabiskan waktu sekitar lima menit perjalanan dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II tadi sampai ke lokasi ini.

Sesampai di sini pada pintu gerbang utama, langsung disambut dengan tulisan ”Selamat Datang di Taman Marga Satwa Kasang Kulim Kabupaten Kampar”. Sebelum masuk, harus beli tiket dulu yang terdapat di loket sebelah kanan pintu gerbang.

Untuk orang dewasa perlembar tiket dikenakan Rp 18 ribu dan untuk anak-anak Rp 10 Ribu. Saya waktu itu harus merogoh kocek Rp 56 ribu, untuk saya, istri dan dua orang putri. Jika pakai sepeda motor, tambah lagi Rp 5 ribu, untuk ongkos parkir.

Wah, lumayan cukup luas areal Taman Marga Satwa Kasang Kulim. Begitu masuk, langsung disuguhkan dengan penampilan live musik orgen tunggal dari panggung hiburan yang terdapat di areal taman.

Sementara untuk melihat berbagai jenis hewan, kita langsung saja berjalan melintasi sisi belakang panggung musik. Dari kejauhan sudah terlihat sejumlah sangkar tempat hewan-hewan tersebut berteduh. Pengunjung yang berdatangan juga relatif ramai.

Lumayanlah untuk mengisi waktu libur bersama keluarga. Di antara hewan yang kami lihat sebagai berikut: elang bondol, kalong, kucing hutan, ular sanca, orangutan sumatera, pelikan, elang brontok hitam, beruang madu, rusa baweaan, iguana, dan lain-lain

Kami juga sempat ke kolam kuda nil, tapi hewan satu ini tidak muncul-muncul ke permukaan kolam. Kelihatan hanya bagian punggungnya.

Kami juga sempat ke sangkar buaya dan singa. Kedua hewan ini juga tidak muncul. Kata penjaganya, buaya dan singa baru keluar sore, jika cuaca sudah teduh. Walah.

Oh ya satu lagi, di sini juga ada gajah yang bisa ditunggangi. Dari dua ekor gajah yang dimiliki, kemarin hanya seekor yang dilepas. Sekali naik sekitar lima menit, dipungut bayaran perorang Rp 10 ribu. ***

Sumber:
[1]. Kelilingriau.blogspot.co.id
[2]. Trulyindonesia.id

Editor:
Mukhlis

loading...
Kategori : Wisata
Pemkab Siak Ramadan 1438 H/2017 M
www www