Gawat... Kartu BPJS Palsu Beredar, Ratusan Warga Jadi Korban

Gawat... Kartu BPJS Palsu Beredar, Ratusan Warga Jadi Korban

ilustrasi

Minggu, 24 Juli 2016 22:00 WIB

BANDUNG, POTRETNEWS.com - Ratusan warga RW 23, Desa Kertajaya, Kabupaten Bandung Barat (KBB) diduga menerima Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bodong. Kartu itu diterima warga dari sebuah lembaga berkedok peduli duafa.


"Sebanyak 200-an orang yang daftar. Jadi lembaga itu datang ke desa menawarkan sudah sejak delapan bulan lalu," kata Fauzy Samsul Lurah Desa Kertajaya KBB, Minggu (24/7.2016).

Terungkapnya BPJS palsu yang dimiliki warganya itu tidak bisa digunakan ketika salah satu pasien berobat di salah satu rumah sakit di Kota Cimahi.

Setelah dikumpulkan ternyata, ada ratusan warga yang memang menerima kartu BPJS tersebut dari pihak yang sama. Warga itu kebanyakan berasal dari Desa Kertajaya.

"Dulu iuran satu orang Rp 100 ribu untuk buat BPJS ini. Di sini banyak programkan dari kami. Menawarkan BPJS. Otomatis diterima karena di desa kami juga ada (program) desa siaga," ujarnya.

Menurut dia, banyaknya warga yang belum terfasilitasi membuat mereka mempercayakan pembuatan kolektif yang digagas lembaga duafa itu.

"Di desa itu banyak warga kami yang tidak terfasilitasi dan tidak terdata Jamkesmas dulunya," katanya.

Pihaknya pun mengaku akan segera melaporkan kepada aparat berwajib. Sebab diperkirakan ada uang mencapai Rp 22 juta yang mengalir kepada lembaga tersebut.

"Akan dilaporkan karena di sini banyak yang dirugikan," terangnya.

Wagub Jabar Deddy Mizwar mengatakan, temuan BPJS itu semakin menunjukan bahwa makin banyak orang yang tidak bertanggung jawab dengan cara memalsukan identitas pemerintah.

"Saya kira semua bisa dipalsukan. Sertifikat saja bisa dipalsukan. Kepemilikan lahan dipalsukan. Apa yang enggak bisa. Itu kondisi kita sekarang. Tipu-tipu masih ada. Ini jelas harus diusut," tandasnya saat ditemui di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Minggu (24/7).***

editor: wawan s
sumber: merdeka.com

Kategori : Nusantara
wwwwww