Inilah Ikan Raksasa dari Amazon yang Terdampar di Sungai Ciliwung Bogor

Inilah Ikan Raksasa dari Amazon yang Terdampar di Sungai Ciliwung Bogor

Seorang warga coba memindahkan ikan raksasa Arapaima gigas yang terdampar di aliran Sungai Ciliwung, Kota Bogor, Minggu (29/11/2015). (foto: kompas.com)

Senin, 30 November 2015 08:48 WIB
BOGOR, POTRETNEWS.com - Warga Bogor Utara heboh setelah adanya penemuan seekor ikan raksasa yang mati terdampar di Sungai Ciliwung. Ukurannya lebih besar ketimbang tubuh orang dewasa. Ikan tersebut ditemukan terdampar di aliran Sungai Ciliwung, Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (29/11/2015) sekitar pukul 07.00 WIB.

Banyak orang berbondong-bondong mendekati pinggir sungai untuk melihat ikan tersebut. Bahkan, ada yang nekat menyeberangi sungai agar bisa melihat ikan lebih dekat.

Keramaian juga tampak di jembatan Jalan Baru di atas lokasi penemuan ikan raksasa itu. Para pengendara berhenti untuk sekadar menjawab rasa penasaran atau mengambil foto dari kejauhan.

Ikan sepanjang sekitar dua meter tersebut tersangkut di bebatuan kali di Sungai Ciliwung, tepat di bawah jembatan. Dari pantauan di lokasi, salah seorang warga tampak mendekati ikan yang sudah tak bergerak dan sudah berbau busuk itu.

Ia mencoba mengangkat ikan dan memindahkannya. Namun, kelihatannya tidak mudah memindahkan ikan tersebut sendirian karena bobotnya.

Belum diketahui dari mana asal ikan tersebut, apakah memang lama hidup di aliran sungai atau lepas dari kolam pemeliharaannya. Dilihat dari bentuknya, ikan tersebut adalah jenis Arapaima gigas. Ikan yang berasal dari Sungai Amazon, Brasil, ini memang bisa tumbuh hingga 200 kg saat dewasa.

Gerakan ikan tersebut lambat, tetapi jika ada mangsa di depannya, ia bisa melahapnya dalam hitungan detik.

Ikan ini sebenarnya tidak asing lagi di Indonesia karena sudah banyak yang memeliharanya, misalnya di Sea World Ancol atauTaman Sumber Karya Indah (SKI) Tajur, Bogor. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Nusantara
Sumber:Kompas.com
wwwwww