Wow! Penjara Berbuaya Usulan Budi Waseso Direstui Menteri

Wow! Penjara Berbuaya Usulan Budi Waseso Direstui Menteri

Kepala BNN Budi Waseso (kiri) melihat seekor buaya saat bersama jajarannya berkunjung ke penangkaran Taman Buaya Asam Kumbang Medan, Sumatera Utara, 11 November 2015. (foto: antara)

Minggu, 15 November 2015 08:20 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal Budi Waseso mengatakan bahwa rencana BNN yang akan membuat penjara berbuaya untuk para bandar narkoba sudah dikomunikasikannya kepada Menteri Hukum dan HAM. "Sudah, semua ini sudah jauh kami bicarakan sebelum ini kami munculkan (ke publik)," kata Buwas, panggilan Budi Waseso, saat dijumpai dalam acara perayaan HUT Brimob Polri ke 70 tahun di Cikeas, Sabtu, 14 November 2015.

Buwas menyebutkan bahwa BNN sudah menyusun beberapa konsep untuk menanggulangi bagaimana mengatasi penuhnya beberapa kapasitas Lapas di beberapa daerah. Menumpuknya jumlah penghuni Lapas, dianggap telah mengurangi efektifitas pengawasan terhadap para nara.pidana di Lapas tersebut. "Nanti para pelaku yang sudah inkrah, baik hukuman mati atau seumur hidup itu akan dipisahkan," katanya.

Dalam waktu dekat, para buaya penjaga penjara itu akan diuji coba di penjara Gunung Sindur. Selanjutnya akan diterapkan di pulau-pulai terluar yang ada di Indonesia. Hal ini diyakini Budi Waseso sudah disetujui oleh Menteri Hukum dan HAM.

"Artinya dalam posisi (ini), beliau sependapat. Hanya kan ini tidak mudah butuh proses pengkajian. Setelah dikaji hasilnya OK, tapi pasti ada uji cobanya," kata Budi Waseso. Tak main-main, Budi Waseso bahkan telah melakukan penelitian terhadap beberapa buaya di beberapa wilayah di Indonesia. ***

(Farid Mansyur)
Kategori : Nusantara
Sumber:Tempo.co
wwwwww