PotretNews.com Minggu 22 Juli 2018

Blusukan, Bupati Ini Setia Pakai Taft Tua Tahun 2002

Blusukan, Bupati Ini Setia Pakai Taft Tua Tahun 2002

Ilustrasi mobil Taft.

Senin, 14 September 2015 13:07 WIB
YOGYAKARTA, POTRETNEWS.com - Bupati Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta Hasto Wardoyo mengaku tetap memakai mobil dinas yang diwariskan pendahulunya berupa Toyota Camry keluaran 2009. Untuk blusukan, Hasto yang juga dosen Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada sejak sepuluh tahun terakhir itu mengaku setia memakai Daihatsu Taft tua keluaran 2002."Karena saya memimpin kabupaten miskin, saya juga nggak mau nggaya, seperti pakai mobil dinas mewah," ujar Hasto di depan aktivis dalam pertemuan Pergerakan Indonesia di Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Ahad, 13 September 2015.

Mobil dinas yang dia pakai sejak terpilih menjadi bupati pada Agustus 2013 itu merupakan mobil paling uzur yang dipakai kepala daerah di DIY. "Asal semua bisa jalan, daripada dihabiskan beli (mobil) Toyota Fortuner Rp 800 juta," ujar Hasto yang juga dokter spesialis kandungan ini.

Hasto pun mengaku berat terlahir dari keluarga miskin di kawasan Waduk Sermo, di pucuk perbukitan Kabupaten Kulonprogo. Dari delapan saudara, hanya Hasto sebagai bungsu yang menjadi satu-satunya anak yang menempuh pendidikan tinggi.

Ads
Angka kemiskinan di Kulon Progo berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik tahun 2013 masih tertinggi nomor dua se-DIY -sekitar 21,3 persen (Gunungkidul 21,7 persen). Sedangkan angka kemiskinan DIY masih tertinggi di Pulau Jawa yakni 15 persen.

Hasto pun heran ketika blusukan ke persawahan di pedesaan Kulon Progo kerap menemukan pemuda bertani atau menggembala ternak dengan tunggangan kendaraan tergolong mewah dan berkapasitas mesin besar. "Kalau masih miskin itu jangan nggaya (bergaya)."

loading...
(Akham Sophian)
Kategori : Nusantara
Sumber:Tempo.co
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww