PotretNews.com Rabu 21 November 2018

IAIN Imam Bonjol Padang Berencana Beri Gelar Doktor pada Jokowi, Jusuf Kalla, Chairul Tanjung dan Karni Ilyas

IAIN Imam Bonjol Padang Berencana Beri Gelar Doktor pada Jokowi, Jusuf Kalla, Chairul Tanjung dan Karni Ilyas

Presiden Jokowi

Senin, 25 Juli 2016 07:02 WIB
PADANG, POTRETNEWS.com - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang mengakui adanya wacana pemberian gelar kehormatan Doktor Honoris Causa (HC) kepada Presiden RI Jokowi dan sejumlah tokoh nasional dalam peringatan Dies Natalis ke-50.
"Memang kita tidak pungkiri berkembangangnya wacana tentang pemberian gelar HC kepada beberapa pejabat dan tokoh ternama lainnya. Ini sebagai rangkaian kegiatan dalam peringatan ulang tahun IAIN,” ucap Eka Putra Wirman, Rektor IAIN IB Padang, Ahad (24/7/2016).

Sejumlah nama yang beredar itu, katanya, belum ada kepastian atau belum final karena harus melalui rapat Senat Institut. "Nama-nama yang beredar saat ini masih belum final, keputusannya tergantung hasil rapat senat institut. Nama-nama yang akan diusulkan itu bisa saja berkembang dan terbuka tokoh-tokoh lainnya,” katanya.

Yang jelas menurutnya pemberian gelar itu sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan bagi perguruan tinggi tentang pemberian gelar kehormatan.

Ads
"Tentu kita menjalankan sesuai aturan pemberian gelar HC. Sesuai aturan gelar tersebut dapat diberikan kepada orang-orang yang mempunyai kontribusi dan berjasa dalam kehidupan kemasyarakatan, dan juga kepada orang-orang yang mempunyai karya-karya di bidang akademik, dan telah memiliki minimal gelar akademik strata satu,” sebutnya.

Terkait nama-nama tokoh yang beredar seperti Presiden RI Joko Widodo, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin, pengusaha Chairul Tanjung, Wakil Presiden Jusuf Kalla menurutnya itu bisa saja bertambah dan bisa direncanakan sebagai penerima HC.

"Nama yang ada juga bisa bertambah, bisa saja Karni Ilyas juga masuk dan beberapa nama besar lainnya. Yang jelas masih terbuka peluang nama-nama besar lainnya. Yang pasti nama-nama besar yang diusulkan itu akan dibahas di rapat senat Institut Agustus nanti. Sehingga kita akan menganugerahkan sesuai hasil rapat tersebut,” tuturnya.

Nantinya nama-nama yang muncul tambah Eka Putra Wirman bukanlah tokoh karbitan dan sudah mempunyai reputasi yang baik. “Nama-nama itu bukanlah nama yang tiba-tiba saja muncul, yang jelas telah memiliki trackrecord yang bagus,” tutupnya.***


editor: wawan s
sumber: riaupos.co

Kategori : Nasional
wwwwww