PotretNews.com Senin 23 April 2018

Pemerintah Izinkan 10 Juta Pekerja China Masuk Indonesia, Yusril Ihza: Ini Kesalahan Besar!

Pemerintah Izinkan 10 Juta Pekerja China Masuk Indonesia, Yusril Ihza: Ini Kesalahan Besar!

Yusril Ihza Mahendra

Sabtu, 16 Juli 2016 15:07 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com - Mantan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Yusril Ihza Mahendra menegaskan jika pemerintah menyetujui masuknya pekerja China ke Indonesia adalah kesalahan.

“Kesalahan kita yang lain juga menyetujui masuknya pekerja China sebagai bagian dari syarat investasi dan pinjaman pemerintah kepada China,” katanya di akun Twitter, Jumat (15/07/2016).

Menurut Yusril, syarat investasi dengan membiarkan pekerja China bekerja di Indoneisa harus ditolak karena dapat mengancam pekerja lokal.

“Syarat seperti itu harusnya ditolak karena Indonesia akan dibanjiri pekerja China yang merampas kesempatan kerja rakyat kita sendiri," katanya.

Ads
Sebelumnya, Yusril mendesak pemerintah berpikir matang terkait kehadiran 10 juta pekerja China sebagai kompensasi dari investasi dan pinjaman RI.

“Kehadiran 10 jt pekerja itu akan menimbulkan persoalan kependudukan, sosial, ekonomi dan politik di masa sekarang dan masa depan,” kata Yusril.

Yusril Ihza memprediksi, jika para pekerja China yang sudah telanjur nyaman di Indonesia tak bakal kembali ke negara asalnya.

“Pekerja China yang konon akan datang sampai 10 juta itu jelas tidak mudah untuk dikontrol. Sebagian besar mereka pasti takkan kembali ke China,” kata Yusril via akun Twitter, Jumat (15/07/2016).

Oleh sebab itu, dia menyarankan pemerintah mengkaji ulang kebijakan pelonggaran masuknya tenaga kerja dari negeri komunis tersebut.

“Pemerintah harus mengkaji ulang kebijakan membolehkan datangnya pekerja asal China ini demi kedaulatan bangsa dan negara kita,” katanya.

Menurut Yusril syarat investasi dengan membiarkan pekerja China bekerja di Indoneisa harus ditolak karena dapat mengancam eksistensi pekerja lokal.***


editor: wawan s
sumber: merdeka.com

loading...
Kategori : Nasional
DPRD Kabupaten Siak 2018
wwwwww