PotretNews.com Kamis 19 Juli 2018

Malam Ini, Dua Gempa Goncang Mentawai dan Nias, Masyarakat Sempat Panik

Malam Ini, Dua Gempa Goncang Mentawai dan Nias, Masyarakat Sempat Panik

ilustrasi

Rabu, 22 Juni 2016 00:12 WIB
GUNUNGSITOLI, POTRETNEWS.com - Serangkaian gempa bumi terjadi di perairan barat Sumatera, Selasa malam (21/06/2016) malam. Gempa pertama terjadi dengan kekuatan M-5,3 di laut pada 98 kilometer tenggara Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 34 km pukul 21.23 WIB.Laporan yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat, guncangan terasa kurang lebih selama 20 detik di Siberut barat daya. Gempa terasa kuat di Tua Pejat.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Sumber gempa berasal dari jalur subduksi pada pertemuan lempeng Hindia Australia dan Lempeng Eurasia. Mentawai merupakan daerah yang rawan tinggi gempa dan tsunami," kata Sutopo dalam keterangan pers, Selasa malam.

Ads
Gempa selanjutnya terjadi pukul 21.52 WIB dengan kekuatan M-4,9 di Nias Barat, Kepulauan Nias, Sumatera Utara. Lokasi gempa di 0 derajat 88 menit Lintang Utara dan 97 derajat 34 menit Bujur Timur dengan kedalaman 26 km.

Gempa tersebut sempat membuat warga kaget, hingga keluar rumah.

"Tadi lagi duduk dan tiba-tiba kursi kok goyang itu yah. Beberapa dari luar rumah teriak, 'Gempa! Gempa!' Saya ikutan keluar," ujar warga bernama Putra.

Kepanikan warga hanya berlangsung sementara.

Pada pukul 23.07 WIB, gempa kembali dirasakan oleh warga Nias. Kali ini gempa berkekuatan M-4.0 SR di 23 km timur laut Gunungsitoli dengan kedalaman.***


editor:
Wawan S

sumber:
kompas.com

loading...
Kategori : Nasional
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww