PotretNews.com Kamis 22 Februari 2018

Waduh... Terduga Teroris Surabaya Mau Lancarkan Aksi saat Nuzulul Quran

Waduh... Terduga Teroris Surabaya Mau Lancarkan Aksi saat Nuzulul Quran

ilustrasi

Kamis, 09 Juni 2016 20:09 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Ketiga terduga teroris yang ditangkap di Surabaya, Jawa Timur oleh Densus 88 Anti Teror, Rabu 8 Juni 2016 berencana melakukan aksi teror layaknya bom di kawasan Sarinah Jalan MH Thamrin Januari 2016 lalu. Mereka adalah Priyo Hadi Purnomo (PHP), Jefri Rachmawan alias ustad Jefri alias Febri dan Feri Novendi.Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Boy Rafli Amar mengatakan rencana aksi teror tersebut akan dilakukan pada tanggal 17 Ramadan atau saat Nuzulul Quran tiba, di mana sasaran adalah anggota Polri yang sedang betugas melakukan operasi ramadhaniyah, operasi patuh dan operasi pekat dan operasi lainnya khususnya di kawasan Jawa Timur dan Surabaya.

"Yang sudah dilakukan survey adalah pos polisi di Jalan Mirarah Galaxy," kata Boy di Kompleks Mabes Polri, Kamis (9/6/2016).

Adapun rencana modus penyerangan dari hasil pemeriksaan awal terhadap terduga teroris Priyo Hadi Purnomo yakni menggunakan bom yang akan diletakkan di pos polisi.

Ads
"Bom menggunakan pemicu ledakan pertama menggunakan sensor cahaya. Yang mana bom akan diletakkan pada malam hari saat matahai terbit bom akan meledak. Tapi jika gagal ledak akan menggunakan pemicu kedua yakni handphone. Kalau ini gagal tiga pelaku akan masuk ke pos-pos tersebut dengan menggunakan rompi bom bunuh diri," terang Boy.

"Mereka melakukan penyerangan dengan bom yang disiapkan di sejumlah tempat di tempat umum dan kantor petugas, mirip seperti di Bom di Jalan MH Thamrin Jakarta," sambungnya.

Dari penangkapan tersebut disita barang bukti berupa tiga buah bom, dua pucuk senjata api laras panjang jenis river, satu pucukk senjata api laras pendek beserta empat butir peluru, bahan-bahan peledak berupa high explosive, cairan kimia, timbangan dan alat pembuatan bom. Selanjutnya sangkur, dan ponsel yang digunakan untuk pemicu bom.***

editor: wawan s
sumber: okezone.com

loading...
Kategori : Nasional
wwwwww