WAH WAH... Kampanye Antikekerasan Seksual, Komnas Perempuan Kok Malah Lecehkan Islam...

WAH WAH... Kampanye Antikekerasan Seksual, Komnas Perempuan Kok Malah Lecehkan Islam...

Materi antikekerasan seksual Komnas Perempuan yang dipersoalkan

Senin, 23 Mei 2016 00:04 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com - Materi antikekerasan yang dipublikasikan Komnas Perempuan dengan menampilkan simbol figur perempuan dan laki-laki dinilai sebagai tindakan pelecehan terhadap agama Islam. Pasalnya, figur tersebut terkesan mengenakan pakaian khas umat muslim.

Menurut psikolog forensik Reza Indagiri, materi pembelajaran tersebut pada dasarnya positif.

“Namun masalahnya ada pada simbol “pemaksaan perkawinan”, mengapa penampilan perempuan dan lelakinya berbeda?,” ujar Reza, Minggu (22/5/2016).‎

Dia menambahkan,‎ ‎stereotyping buruk sekaligus gross generalization terhadap muslim dan muslimah. Islam tidak membenarkan pemaksaan.

“Pemaksaan perkawinan adalah penyimpangan, bahkan penindasan yang terjadi pada berbagai komunitas. Tapi mengapa simbol pemaksaan perkawinan memakai atribut Islam?” serunya.

‎Tindakan ini menurut Reza, merupakan pelecehan terhadap agama berselubung kampanye antikekerasan kepada perempuan.‎

Tampilan dalam materi antikekerasan membuat masyarakat memandang rendah kaum muslimah. Ketika muslimah sudah dipandang sedemikian rupa, mereka menjadi kelompok manusia yang rentan mengalami viktimisasi (termasuk menjadi korban kekerasan).

‎”‎Ini bukan masalah komunitas Islam semata. Penstigmaan semacam itu seharusnya menjadi kepedulian Komnas HAM, Komnas Perempuan, Komisi Perempuan MUI, Komisi VIII DPR, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,” pungkasnya.***


editor: wawan s
sumber: pojoksatu.id

Kategori : Nasional
wwwwww