PotretNews.com Kamis 19 Juli 2018

Ada Banjir Bandang di Sibolangit, Artikel ”Air Terjun Dua Warna” Jadi Topik Hangat

Ada Banjir Bandang di Sibolangit, Artikel ”Air Terjun Dua Warna” Jadi Topik Hangat

Objek Wisata Air Terjun Dua Warna di Sibolangit di Sumatera Utara, sebelum diterpa tragedi banjir bandang. (foto: kini.co.id)

Senin, 16 Mei 2016 19:47 WIB
MEDAN, POTRETNEWS.com - Banjir bandang di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut) juga berdampak ke Objek Wisata Air Terjun Dua Warna. Bahkan banyak wisatawan yang jadi korban saat berwisata ke air terjun itu. Publik di media sosial pun mencari tahu seperti apa Air Terjun Dua Warna.Seperti apa dan di mana letak air terjun yang hari ini jadi viral di media sosial itu? Berikut informasinya seperti tulisan yang pernah dilansir Telusur Indonesia: Air Terjun Dwi Warna yang terletak di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumatera Utara.

Lokasi Air Terjun Dwi Warna cukup sulit untuk diakses. Jika para penelusur ingin mengunjunginya, maka yang pertama kali para penelusur tuju yaitu Bumi Perkemahan Sibolangit, tempatnya dapat ditempuh sekira 1,5 jam dari Kota Medan.

Setelah para penelusur sampai di Bumi Perkemahan Sibolangit, kemudian para penelusur dapat melanjutkan perjalanan menuju ke lokasi air terjun dengan waktu tempuh yang diperlukan sekitar 4 jam perjalanan.

Ads
Hal ini dikarenakan akses jalannya yang sangat susah dan juga medannya yang cukup berat. Berjarak tempuh 4 jam perjalanan dari Kota Medan, dengan rincian 1 jam perjalanan ke Bumi Perkemahan Sibolangit dan 3 jam perjalanan ke lokasi air terjun berada. Selama perjalanan menuju ke lokasi air terjun diharapkan para penelusur untuk selalu waspada dan juga berhati – hati.

Karena kondisi jalan untuk menuju kesana sangat sulit yaitu para penelusur harus naik turun bukit, masuk hutan, serta melewati beberapa jurang. Setelah sampai di lokasi air terjun, para penelusur harus membayar biaya retribusi sebesar Rp 25.000/orang. Jika para penelusur belum pernah mengunjungi air terjun ini, alangkah baiknya jika para penelusur memakai jasa pemandu yang tersedia di sekitar kawasan air terjun. Untuk masalah tarif pemandu, semua tergantung dari negoisasi antara para penelusur dengan sang pemandu wisata.

Air Terjun ini dinamakan dengan nama Air Terjun Dwi Warna, karena air terjun ini memiliki dua gradasi warna yang berbeda. Air yang tertampung dari pancurannya di bawah berwarna putih keabu-abuan sementara air terjun yang tumpah riuh dari atas berwarna biru muda. Di lokasi Air Terjun Dwi Warna ini tidak hanya terdapat satu air terjun saja, tetapi melainkan terdapat tiga air terjun yang begitu menawan dan indah. Salah satunya adalah Air Terjun Telaga Biru.

Di bawah Air Terjun Telaga Biru ini para penelusur dapat mandi dan juga berenang sambil melihat indahnya pemandangan di sekitar. Air Terjun yang ada di kawasan ini bersumber dari letusan Gunung Sibayak yang membentuk aliran sungai yang dialiri belerang yang kemudian bersatu dengan resapan air hutan sehingga menjadi berair dingin yang berwarna biru.

Dan yang uniknya lagi yaitu walaupun bersumber dari leutsan gunung namun air terjun tersebut tidak mengeluarkan bau belerang. Tetapi para penelusur jangan sampai meminum airnya tersebut yah. Lokasi air terjun ini sangat jauh dari keramaian. Udaranya yang sejuk ditambah suasananya yang sangat tenang, menjadikan Air Terjun Dwi Warna ini sangatlah cocok bagi para penelusur yang ingin menjernihkan pikiran dari padatnya aktivitas sehari – hari. Lokasi air terjun yang berada di dalam hutan sehingga membuat tempat wisata yang satu ini belum didukung oleh berbagai fasilitas seperti pada tempat wisata lain pada umumnya.

Jika ingin bermalam, maka para penelusur dapat berkemah di kawasan air terjun dengan mendirikan tenda. Hal ini dikarenakan di sekitar air terjun tidak adanya fasilitas penginapan. Jika para penelusur ingin berkunjung ke Air Terjun Dwi Warna ini, para penelusur diharapkan untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Selain itu bawa juga berbagai keperluan wisata para penelusur dan juga keperluan pribadi lainnya. Selamat berlibur para penelusur. Pembaca bisa mengakses link nya di sini https://www.telusurindonesia.com/air-terjun-dwi-warna.html# Have fun ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
Kini.co.id

loading...
Kategori : Nasional
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww