PotretNews.com Minggu 22 Juli 2018

Jokowi: Bagi yang Simpanan Uangnya Banyak di Luar Negeri, Hati-hati…

Jokowi: Bagi yang Simpanan Uangnya Banyak di Luar Negeri, Hati-hati…

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Rabu, 16 Desember 2015 03:32 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Presiden Joko Widodo mengingatkan bahwa era keterbukaan informasi sudah tidak bisa dibendung lagi. Ia bahkan memperingatkan bahwa dalam beberapa tahun ke depan akan dimulai era keterbukaan, dengan informasi keuangan publik di luar negeri bisa diketahui."Nanti, pada 2018, keterbukaan secara global akan dimulai. Bapak, Ibu kalau ada simpanan uang di Swiss, Singapura, Hongkong, nanti tidak bisa ditutupi lagi. Jadi, bagi yang simpanannya banyak, hati-hati," kata Jokowi saat berpidato di acara penyerahan penghargaan keterbukaan informasi badan publik di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/12/2015).

Karena itu, kata Jokowi, pemerintah harus menyiapkan diri menghadapi era keterbukaan informasi. Ia menilai, keterbukaan informasi dapat bermanfaat untuk menyerap masukan dan pengawasan dari masyarakat. Untuk mendukung keterbukaan, Jokowi ingin ada perubahan pola pikir di semua lembaga birokrasi pemerintahan.

Ia juga meminta lembaga birokrasi memanfaatkan teknologi informasi demi keterbukaan kepada publik. "Terapkan sistem e-government, mulai dari e-budgeting, e-procurement, e-audit, e-catalogue, sampai cash flow management system dan lainnya," kata Jokowi. ***

Ads
loading...
(Akham Sophian)
Kategori : Nasional
Sumber:Kompas.com
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww