PotretNews.com Sabtu 18 Agustus 2018

Jenjang Karier PNS, Kemendagri Berlakukan Merit System

Jenjang Karier PNS, Kemendagri Berlakukan Merit System

Ilustrasi PNS.

Senin, 07 Desember 2015 04:48 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku telah menggelar rapat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN) Reformasi Birokrasi (RB ) Yuddi Chrisnandi mengenai jenjang karier PNS."Kami membahas Merit System (promosi jenjang karir), hal-hal yang berhubungan dengan track record dan masa jabatan PNS khususnya eselon I, II, dan III. Misalnya PNS Aceh bisa naik karir ke Papua atau ke Jakarta," kata Tjahjo di Grand Mercure Ancol, Sabtu (5/12/2015).

Nantinya menurut Tjahjo akan melibatkan panitia seleksi (pansel) untuk promosi bagi PNS. "Contohnya Jokowi jadi Presiden tidak bisa menujuk Dirjen Pajak. Padahal dia bisa. Jadi dengan pansel dia bisa menunjuk," tuturnya.

"Dilantik lalu kalau tidak bisa capai target harus mundur. Jadi ada hal-hal yang harus mengikuti proses seleksi. Dengan mekanisme jenjang karier semua bisa terwujud," lanjut Tjahjo.

Ads
Jangan sampai proses pilkada serentak ini nanti justru yang diutamakan mendapatkan tim sukses. Hal inilah pentingnya merit sistem ini diberlakukan. Oleh karena itu, PNS harus mendukung setiap kebijakan gubernur, wali kota, dan bupati terpilih. Begitu juga dengan presiden terpilih.

"Makanya dalam rapat kabinet kami sampaikan perlu ada perubahan prosedur, rekruitmen yang banyak menghambat karir PNS dengan baik. Jangan terpaku dengan prosedur. Harus ada percepatan, ada proses sehingga penempatan bisa tepat," paparnya.

Permasalahan lainnya ketika Kemendagri mengumpulkan staf ahli gubernur, bupati dan wali kota. Jabatan staf Ahli ini menurut Tjahjo ibarat jabatan buangan.

"Seolah-olah ini posisi buangan padahal masa pensiunnya masih panjang. Kita ingin revisi PP agar jabatan-jabatan ini bisa terkonsolidasi dengan baik," tukasnya. ***

loading...
(Akham Sophian)
Kategori : Nasional
Sumber:Okezone.com
Tour de Siak 2018
wwwwww