PotretNews.com Jum'at 21 September 2018

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan 10 Tahun sebelum Pensiun

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan 10 Tahun sebelum Pensiun

Jangan buang waktmu dan lakukan ketiga hal ini sebelum pensiun.

Jum'at, 25 Desember 2015 16:38 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Anda mungkin telah mempersiapkan tabungan untuk hari tua Anda. Namun, sebenarnya 10 tahun sebelum pensiun merupakan masa paling kritis bagi seorang pekerja. Karenanya, Anda harus mempersiapkannya dengan benar.Setelah bekerja 30 tahun lebih, Anda mungkin telah siap untuk pensiun. Namun, supaya bisa pensiun dengan tenang dan nyaman, Anda perlu melakukan beberapa hal. Berikut kelima hal itu seperti dilansir dari Time.com, Selasa (8/12/2015).

1. Menabung yang cukup
Untuk menggantiikan 70 persen pendapatan Anda pada usia 65, Anda perlu mengakumulasi 12 kali gaji Anda pada usia 65 tahun. Pilihannya adalah menabung lebih giat atau mendapat pendapatan lebih banyak.

2. Jangan pensiun bersamaan pasangan
Pasangan Anda mungkin berusia hampir sama dengan Anda. Namun pensiun bersamaan bukanlah ide yang baik. Jika pasangan pensiun lebih lama daripada Anda, setidaknya ada sumber pendapatan yang masih bisa ditabung.

Ads
3. Investasi
Untuk hidup berkecukupan di masa pensiun, Anda perlu untuk menginvestasikan diri uang yang hasilnya akan mengikuti pertumbuhan inflasi. Ini penting karena nilai uang tabungan akan berkurang seiring waktu.

4. Lunasi utang
Pada masa pensiun sebaiknya Anda tidak sibuk membayar utang. Maka jika Anda berniat untuk berhutang di 10 tahun terakhir menjelang pensiun, sebaiknya batalkan segera. Bahkan, seharusnya Anda perlu melunasi semua utang sebelum memasuki masa pensiun.

5. Berteman dengan yang muda
Berteman dengan senior memang penting karena dapat memberikan Anda pelajaran soal pengalaman. Namun, tidak ada salahnya berteman dengan orang-orang yang usianya lebih muda dari Anda karena mereka bisa memberikan ilmu baru yang mungkin Anda belum tahu. ***

(Akham Sophian)
Kategori : LifeStyle
Sumber:Liputan6.com
Tour de Siak 2018
wwwwww