PotretNews.com Minggu 21 Juli 2019

Kembangkan Pasar di Australia, Pertamina Buka Kantor di Sydney

Kembangkan Pasar di Australia, Pertamina Buka Kantor di Sydney

(Sumber gambar: www.mediaindonesia.com)

Rabu, 14 Maret 2018 18:12 WIB
Anak usaha dari PT Pertamina (Persero) kembangkan pasar dengan membuka kantor perwakilan di Sydney, Australia. Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat rasio sukses kegiatan eksplorasi minyak dan gas bumi PT Pertamina di Tanah Air berhasil mencapai angka 70%-80% pada akhir tahun 2016.Keberhasilan ini membuat PT Pertamina sukses mendapatkan tujuh Proper Emas sebagai bentuk teladan bagi pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahan (CSR) antara BUMN dan perusahaan swasta. Pencapaian ini juga menjadi cerminan komitmen yang tinggi dari PT Pertamina untuk terus berkontribusi dalam pembangunan di Indonesia.

Wakil Presiden M Jusuf Kalla ikut memberi apresiasi atas prestasi yang diraih oleh PT Pertamina. Menurutnya, keberhasilan tersebut menjadi bukti kedisiplinan BUMN dan Pertamina dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Pada tanggal 2 Maret 2018, perusahaan yang bergerak di sektor oli dan pelumas untuk kendaraan ini melebarkan sayap ke jenjang internasional dengan tujuan untuk memperkuat jaringan pasar globalnya dan memenuhi kebutuhan para pelanggan di sana.

Ads
Afandi selaku Direktur Utama dan Andria Nusa selaku Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricant bersama dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Australia serta merangkap Vanuatu Kristianto Legowo Konsul Jeneral Republik Indonesia untuk New South Wales, Queensland, dan South Australia R. Heru Hartanto Subolo ikut hadir untuk meresmikan representative office yang berlokasi di House of Indonesia, Sydney. Peresmian dilakukan dengan melakukan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita.

”Sesuai dengan prinsip dan tujuan yang kami terapkan, PT Pertamina Lubricants akan semakin dekat dengan konsumen dan calon konsumen, di mana kami dapat secara langsung beradaptasi dengan perkembangan dan perubahan pasar di Australia,” jelasnya.

Afandi menjelaskan bahwa pasar oli dan pelumas di Australia memiliki potensi yang tinggi sehingga menarik PT Pertamina untuk melakukan ekspansi ke Negeri Kangguru tersebut. Ia juga mengatakan bahwa kehadiran kantor cabang PT Pertamina Lubricants di Sydney merupakan langkah awal yang baik untuk membidik pasar Australia ke depannya secara lebih mendalam.

”Kehadiran kantor cabang PT Pertamina Lubricants di Sydney merupakan langkah awal yang baik untuk membidik pasar Australia ke depannya secara lebih mendalam. Sesuai dengan prinsip dan tujuan yang kami terapkan, PT Pertamina Lubricants akan semakin dekat dengan konsumen dan calon konsumen, di mana kami dapat secara langsung beradaptasi dengan perkembangan dan perubahan pasar di Australia,” ucap Afandi (02/03/18).

”Kami bertekad untuk terus mendorong ekspor pelumas, selain tetap mempertahankan pasar pelumas domestik yang kini mencapai 60%,” tambahnya.

Vanatu Kristianto Legowo selaku Duta Besar RI untuk Australia menyampaikan bahwa peningkatan ekspor dan investasi produk-produk lokal sedang menjadi prioritas pemerintah saat ini. Ia juga menjelaskan bahwa saat ini ada dua hal yang menjadi prioritas pemerintah yakni untuk meningkatkan ekspor dan juga investasi produk-produk karya anak bangsa agar semakin dikenal di mancanegara.

Menurutnya, peluasan pasar oleh PT Pertamina Lubricants telah diperjuangkan oleh KJRI Melbourne dalam waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan dapat memperkuat pemasaran produk Indonesia di Australia sebagai bentuk konkret diplomasi ekonomi. Selain itu, ini juga dapat mendukung peluang ekspor agar semakin terbuka lebih besar dan meningkatkan neraca perdagangan di Indonesia. Pasalnya, keberhasilan tersebut tidak hanya menguntungkan pihak pemerintah Indonesia saja, tapi juga menghasilkan keuntungan mutual bisnis antara BUMN dan distributor.

Terkait hal tersebut, saat ini Pertamina Lubricant telah bekerja sama dengan Automobili Lamborghini sebagai technical partner untuk acara motosport. Untuk itu, Vanatu Kristianto Legowo memberikan apresiasi atas kerja sama Pertamina Lubricants dengan Automobili Lamborghini sebagai technical partner untuk seluruh event mobil supercar tersebut. Menurutnya, Pertamina Lubricant memiliki keunggulan untuk segmen produk otomotif, di antaranya Pertamina Fastron Synthetic Oil Series.

Sejak berdiri sebagai anak perusahaan Pertamina pada tahun 2013, PT Pertamina Lubricant telah memiliki 16 distributor asing. Selain itu, Pertamina Lubricant juga telah memasarkan produk-produknya ke lebih dari 17 negara di seluruh dunia, termasuk Australia. Saat ini anak usaha Pertamina itu telah melebarkan sayap di Asia, Afrika, dan Australia. ***

Kategori : Internasional
wwwwww