Bupati Sintong Ingatkan Dinas PMD Rokan Hilir untuk Inventarisasi Kepenghuluan yang Habis Masa Jabatan

Senin, 22 Mei 2023 10:05 WIB
Paizul Azmi
bupati-sintong-ingatkan-dinas-pmd-rokan-hilir-untuk-inventarisasi-kepenghuluan-yang-habis-masaBupati Rohil Afrizal Sintong menyerahkan bantuan secara simbolis kepada masyarakat terdampak banjir di Kecamatan Sinaboi, baru baru ini. (DISKOMINFOTIKS ROHIL)
ROKAN HILIR, POTRETNEWS.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) akan menggelar pemilihan kepenghuluan (pilpeng) serentak tahun ini. Hal itu menyusul terdapat puluhan datuk/datin penghulu habis masa jabatannya. Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP pada satu kesempatan membenarkan, pemkab telah mempersiapkan langkah awal agar puluhan kepenghuluan yang habis masa jabatannya itu dapat segera dilaksanakan pilpeng serentak.

ā€¯Pelaksanaan pilpeng serentak tahap pertama tersebut diharapkan dapat digelar pada tahun ini, mengingat sudah banyak yang habis masa jabatannya," kata Afrizal.

Sebagai langkah awal dirinya telah mengingatkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rohil untuk menginventarisir kepenghuluan yang habis masa jabatan, serta melakukan koordinasi dengan pemerintahan di tingkat desa sebagai langkah awal untuk berkomunikasi tentang rencana pelaksanaan pilpeng tersebut. Sebagai bagian dari tahapan persiapan pilpeng, akan ada pelaksanaan kegiatan warkah Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rohil.

Ketua MKA LAMR Rohil KH Nasrudin Hasan membenarkan dalam waktu dekat terdapat sebanyak 27 kepenghuluan yang bakal melaksanakan pilpeng serentak di Rohil, sesuai dengan perda yang telah dibuat LAMR akan membuat warkah kepada setiap calon penghulu agar mereka mengetahui lebih dalam tentang adat istiadat Melayu Riau khususnya di Rohil.*** (Infotorial Diskominfotiks Rohil)

Kategori : Pemerintahan, Rohil
wwwwww