Home > Berita > Umum

Selesai Ikuti Rapat Pleno KPU, Ini Catatan Bawaslu Kabupaten Bengkalis

Selesai Ikuti Rapat Pleno KPU, Ini Catatan Bawaslu Kabupaten Bengkalis

Usman (kiri) dan M Hary Rubianto, Komisioner Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Rabu (5/4/2023) malam.(F-IST)

Kamis, 06 April 2023 16:07 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Setelah selesainya rapat pleno tentang rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP) dan penetapan daftar pemilih sementara (DPS) pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis, Riau, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat yang ikut rapat ini memberikan beberapa saran dan masukan.

Rapat pleno yang dilakukan sejak Rabu pagi ini sedikit agak alot karena mendapatkan beberapa masukan maupun tanggapan dari peserta rapat, khususnya Bawaslu Kabupaten Bengkalis yang melontarkan sejumlah pertanyaan dan tanggapan, baik terhadap pembacaan hasil rekapitulasi DPHP di tingkat kecamatan oleh PPK maupun proses rekapitulasi dan penetapan DPS oleh KPU setempat.

Tidak hanya itu, dalam rapat pleno ini juga Bawaslu Bengkalis melalui ketuanya, Mukhlasin dan Usman (anggota), menyampaikan sejumlah catatan penting terkait hasil pengawasan yang sebelumnya telah dilakukan oleh jajaran pengawas pemilu di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan. Termasuk memberikan sejumlah saran perbaikan berkaitan dengan prosedur, tata cara dan mekanisme yang berlaku dalam penyusunan dan pemutakhiran data pemilih.

Selain itu, rapat pleno yang juga dihadiri para perwakilan partai politik peserta pemilu, unsur forkompimda, stake holder maupun para pemangku kepentingan pemilu lainnya di Kabupaten Bengkalis, juga sempat beberapa kali dilakukan skorsing karena waktu dan cuaca yang tidak mendukung, yang akhirnya rapat pleno kembali dilanjutkan pada malam hari setelah selesai melaksanakan Salat Tarawih.

Usman, Koordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Bengkalis menguraikan, pertama pihaknya memberikan beberapa catatan terkait dengan penetapan daftar pemilih sementara ini karena dari hasil pengawasan yang kami lakukan melalui jajaran di tingkat kecamatan maupun di pengawas kelurahan dan desa, masih terdapat banyak hal yang perlu dilakukan perbaikan terutama soal prosedur dan tata cara, serta mekanisme yang berlaku dalam rangka penyusunan daftar pemilih. Kemudian yang kedua, terkait dengan daftar pemilih sementara yang telah ditetapkan hari ini, tentunya kami mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Bengkalis untuk ikut serta berpartisipasi dalam rangka mengawal hak pilih ini karena proses ini kan masih panjang, ketika DPS ini sudah ditetapkan, ketika ada masyarakat yang belum masuk ke dalam daftar pemilih untuk melaporkan kepada Bawaslu karena pihaknya juga mempunyai posko, mendirikan posko kawal hak pilih, baik itu di tingkat kecamatan maupun di kabupaten.

”Bahkan kami teruskan kepada desa-desa untuk melakukan kampanye atau pengawasan hak pilih ini," kata Usman kepada potretnews.com, Rabu (5/4/2023).

Selanjutnya, Koordinator Penanganan Pelanggaran Datin Bawaslu Kabupaten Bengkalis M Hary Rubianto tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pantarlih.

”Yang telah melakukan pencocokan data pemilih. Walaupun dengan segala fenomena dan dinamika, catatan-catatan kami telah kami sampaikan bahwa dengan adanya pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh para Pantarlih melalui coklit hingga menghasilkan data yang hari ini disahkan oleh kawan-kawan di KPU. Dan kami juga berharap kedepannya dalam daftar pemilih hasil perbaikan dan daftar pemilih tetap, data pemilih kita sudah sangat-sangat baik dan dapat dipertanggungjawabkan kedepannya dalam Pemilu 2024," ucapnya.***(INF)

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww