Home > Berita > Umum

Jelang HUT Kemerdekaan 17 Agustus, Himapeka Waradipa akan Gelar Aksi Bersih Gunung Merapi

Jelang HUT Kemerdekaan 17 Agustus, Himapeka Waradipa akan Gelar Aksi Bersih Gunung Merapi
Rabu, 10 Agustus 2022 16:08 WIB
Ofika Rahmat Julias

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Wakil Rektor II Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru Hardi SE MM, Rabu (10/8/2022), melepas sebanyak 22 mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Pencinta Alam dan Konservasi (Himapeka) Waradipa yang akan berangkat ke Sumatera Barat.

Pelepasan mahasiswa Waradipa ini dilakukan di lobi rektorat Unilak yang dihadiri antara lain oleh Pembina Himapeka Waradipa Alkhudri SPd MPd, Ketua Himapeka Waradipa Arie Defasto, dan sejumlah pengurus. Kegiatan yang diberi nama ”Mountaineering Together Himapewa Waradipa Hari Konservasi Alam Nasional Dalam Rangka Aksi Bersih Gunung Merapi” berlangsung dari 10-14 Agustus 2022.

Ke-22 mahasiswa yang akan berangkat dalam bersih bersih puncak Merapi telah dibekali pengetahuan dasar mendaki gunung, logisitik, tempat sampah, dan lain-lain.
Pada kesempatan itu, Wakil Rektor II Unilak Hardi memberikan apresiasi kepada Himapeka Wardipa dalam aksi bersih gunung. Ia berharap selama kegiatan mahasiswa/peserta untuk dapat menjaga lingkungan, tidak hanya dalam kegiatan bersih gunug namun juga dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu menjaga nama baik Unilak selama di lokasi.

”Hormati adat dan istiadat masyarakat tempatan, saling koordinasi dengan teman-teman baik dilokasi maupun di Pekanbaru. Saya juga mengimbau kepada mahasiswa Himapeka Waradipa juga melakukan kegiatan aksi bersih bersih juga di Unilak, bisa seminggu sekali dan menjadi garda terdepan dalam menjaga lingkungan baik di Unilak maupun di luar," ujar Hardi.
Sementara itu Alkhudri berharap kegiatan Himapewaka Warapdia memberikan kontribusi bagi Unilak, kemudian dapat mempromosikan Unilak kepada masyarakat Sumatera Barat.
”Saya berpesan kepada Koordinator untuk dapat menjaga para peserta sehingga saat kegiatan dan kembali ke Pekanbaru dapat selamat dan sehat.”

Himapeka Waradipa merupakan salah satu Unit Kegiatan Khusus Unilak yang aktif dalam bidang lingkungan dan konservasi, berbagai kegiatan pernah dilakukan di antaranya menanam mangrove di Bengkalis, pemberian bibit pohon ke sekolah di Riau, aksi bersih-bersih sampah di goa Rokan Hulu, dan lain-lain. Organisasi ini didirikan pada 23 Desember 1997 oleh 14 mahasiswa yang kemudian disebut Angkatan Perintis

Sekilas Himapeka Waradipa dan 14 Perintisnya
Himapeka Waradipa pada 23 Desember 2022 akan genap berusia 25 tahun atau seperempat abad. Organisasi yang dirintis/didirikan oleh 14 mahasiswa Unilak di masanya, telah banyak melahirkan kader-kader dan generasi peduli terhadap lingkungan dan konservasi.

Ke-14 para Perintis Himapeka Waradipa yakni; Andreas Ecosa (Fakultas Teknik), Mario Abdillah Khair (Fakultas Hukum), Marulli Parade Panggabean (Fakultas Kehutanan), Hardeni Isra (Fakultas Ekonomi), Wiki Anggara (Fakultas Teknik), dan Iwan Krisnawan (Fakultas Teknik).

Kemudian, R Ade Chandra (Fakultas Hukum), Chandra Rinaldi (Fakultas Teknik), T Sulaiman (Fakultas Teknik), Wellis Yuhasdedi (Fakultas Teknik), Hendri Masyudi (Fakultas Teknik), Bambang Yulianto (Fakultas Hukum), Abdi Satria (Fakultas Ekonomi), dan Elmi (Fakultas Ekonomi).

Sejak periode pertama hingga keempat, kepengurusan Himapeka Waradipa diketuai kader dari angkatan perintis. Mereka yakni; Mario Abdillah Khair (ketua umum periode pertama), Wiki Anggara (ketua umum periode kedua), Chandra Rinaldi (ketua umum periode ketiga), dan Wellis Yuhasdedi (ketua umum periode keempat). ***

Kategori : Umum
wwwwww