Home > Berita > Umum

Pendiri potretnews.com Mario Abdillah Khair Terpilih sebagai Komisioner KPID Riau Periode 2021-2024

Pendiri <i>potretnews.com</i> Mario Abdillah Khair Terpilih sebagai Komisioner KPID Riau Periode 2021-2024

Mario Abdillah Khair/F-ISTIMEWA

Senin, 22 November 2021 12:08 WIB
Roni

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau secara resmi menetapkan 7 nama komisioner terpilih untuk Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau. Melalui rapat paripurna yang digelar di gedung parlemen setempat, Senin (22/11/2021) pagi, 7 orang komisioner terpilih tersebut dibacakan langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Riau, Ade Agus Hartanto.

Ketujuh komisioner terpilih tersebut adalah; Falzan Surahman, Raga Perwira, Ahmad Royhan, Robert Satria, Bambang Suwarno, Mario Abdillah Khair S dan Hisam Setiawan. Dua nama di atas yakni; Falzan dan Hisam, merupakan petahana.

Bagi kalangan insan pers di Bumi Lancang Kuning, nama Mario Abdillah Khair bukanlah sesuatu yang asing didengar. Apalagi dia pernah dua periode dipercaya sebagai fungsionaris di Persatuan Wartawan Indonesia  (PWI) Provinsi Riau. Pada kepengurusan masa bakti 2004-2008 Mario didapuk sebagai Ketua Seksi Seni dan Budaya, sementara di periode 2008-2012 dia menjadi orang nomor dua yaitu sekretaris. 

Dalam perjalanan kariernya sebagai wartawan (dengan status Wartawan Utama), pria kelahiran 26 Juni 1978 itu juga didaulat oleh Ketua Dewan Pers sebagai Ahli dari Dewan Pers sejak 2010 hingga sekarang. Itu sebabnya, Mario sering memberikan literasi tentang pers dalam upaya mengedukasi publik.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning (Unilak) itu memang gemar berorganisasi. Berbagai jabatan di kampus Unilak pernah diembannya antara lain; Koordinator Presidium Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi (SMPT) atau yang saat ini populer dengan sebutan presiden mahasiswa, kemudian merintis berdirinya organisasi mahasiswaa cinta alam Himapeka Waradipa sekaligus menjadi ketua umum pertama, selanjutnya menjadi perintis/pemimpin umum pertama Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Visi, dan pernah pula menduduki kursi Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Selepas menamatkan pendidikan dari Unilak pada 2002, Mario totalitas terjun ke dunia pers dengan bekerja di Koran Harian Media Riau. Di sana, dia dipercaya menjadi penanggung jawab halaman utama sekaligus menulis tajuk rencana (editorial). Pada tahun keempat, tepatnya 2006, dia pun mengakhiri tugasnya di surat kabar berukuran mini itu karena mendirikan portal berita www.potretnews.com.

Terpilihnya Mario sebagai salah satu Komisioner KPID Riau, diharapkan dapat memperkuat kelembagaan KPID untuk tiga tahun ke depan. "Kehadiran Bung Mario di KPID Riau periode 2021-2024 semoga bisa mewujudkan lembaga penyiaran yang independen, sehat, edukatif, informatif, menghibur, menjadi perekat kontrol sosial masyarakat, dan bertanggung jawab," ujar Yusfreyendi, salah satu sahabat Mario saat dihubungi potretnews.com Senin siang. ***

Kategori : Umum
wwwwww