Home > Berita > Umum

Pekanbaru Targetkan 72.112 Anak Selesai Divaksin Sebelum Akhir Januari

Pekanbaru Targetkan 72.112 Anak Selesai Divaksin Sebelum Akhir Januari
Jum'at, 14 Januari 2022 11:27 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sejak resmi dimulai secara massal pada Rabu 12 Januari 2022, vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kota Pekanbaru berjalan cukup lancar. Hingga Kamis (13/1/2022) malam, sebanyak 11.639 anak telah mendapatkan suntikan vaksin dosis pertama.

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menargetkan, akhir Januari ini bisa merealisasikan sebanyak 72.112 anak atau 70 persen dari total target 103.017 anak selesai divaksin sebelum akhir Januari.

"Kita mengatur strategi bagaimana supaya capaian target vaksinasi anak 6 sampai 11 tahun bisa tercapai, minimal 70 persen atau sekitar 72.112 dari 103.017 orang sampai akhir Januari," kata Asisten I Setdako Pekanbaru Syoffaizal, Jumat (14/1/2022), dilansir dari Cakaplah.com.

Syoffaizal menyebut sudah melakukan rapat koordinasi. Di dalam rapat itu, ada beberapa materi yang dibahas, seperti evaluasi pelaksanaan vaksin anak dan kendala yang dihadapi, upaya percepatan vaksin, jaminan ketersediaan vaksin bagi anak dan rencana pelaksanaan sosialisasi yang lebih masif. 

"Berdasarkan pembahasan, maka kita sepakat membuat strategi untuk mencapai target yang disusun," kata dia.

Ia menambahkan, untuk ketersediaan vaksin, akan diupayakan tercukupi sehingga 72.112 anak yang menjadi target bisa disuntik vaksin hingga akhir Januari. 

"Kalau sekarang, ketersediaan vaksin ada sekitar 13 ribu dosis. Jadi sedang kita upayakan untuk penambahan vaksin sesuai kebutuhan," jelasnya.

Pemko akan lebih gencar menyosialisasikan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun. Sosialisasi harus lebih masif lagi mengingat masih ada di antara orang tua yang belum memberikan izin ke anaknya untuk disuntik vaksin. 

"Sehingga dengan masifnya sosialisasi, kita yakin para orang tua akan memberi izin untuk memvaksin anak mereka. Karena vaksin ini untuk kepentingan anak itu sendiri ke depannya," katanya

Sedangkan lokasi vaksinasi bagi anak, saat ini pelayanan masih difokuskan dengan langsung mendatangi sekolah. "Karena dalam aturan Kemenkesnya, itu disarankan ke sekolah-sekolah saja. Jadi sekarang seperti itu, belum ada strategi lain seperti mengumpulkan di satu tempat," ulasnya.***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww