LAMR Kabupaten Bengkalis Bicara soal Blok Rokan

LAMR Kabupaten Bengkalis Bicara soal Blok Rokan

Ketua DPH LAMR Kabupaten Bengkalis, Datuk Seri H Sofyan Said.

Senin, 22 Maret 2021 19:25 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Pengelolaan Blok Rokan oleh PT Chevron akan berakhir pada 21 Agustus 2021 mendatang selanjutnya diserahkan kepada PT Pertamina (Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara) untuk mengelolanya.

Dengan presentase pembagian 51% untuk Pertamina atas nama pemerintah sedangkan 39% ditawarkan Pertamina kepada yang berminat dan 10% fee yang akan masuk dalam APBD Provinsi Riau.

"Tentu kite di Lembage Adat Melayu Riau (LAMR) tidak boleh pulak berdiam diri. Kite harus ikut same-same mengambil kesempatan pengelolaan (39%) tadi dengan ikut menanamkan saham yang diberikan kesempatan kepade masing-masing LAMR kabupaten/ kota di Riau," kata Ketua DPH LAMR Kabupaten Bengkalis, Datuk Seri H Sofyan Said kepada potretnewsa.com, Sabtu (20/3/2021) siang kemarin.

"Setelah hasil pertemuan kami dengan Gubernur Riau, LAMR Provinsi Riau dan LAMR kabupaten/ kota, make LAMR bisa membentuk Badan Usaha Milik Adat sebagaimana provisi (Riau) sudah membentuk badan usaha yaitu PT Melayu Bermarwah. Kita di Kabupaten Bengkalis oleh karene sumur minyak kite terbanyak di Riau, mengape kite tidak ikut serte. Makenye kite LAMR Kabupaten Bengkalis sekarang ini dalam proses pembentukan Badan Usaha Milik Adat yang akan membentuk PT (Perseroan Terbatas) sehingge nanti dalam pengelolaan dimaksud dapat ikut andil. Kite bisa merangkul anak kemenakan kite, anak-anak Melayu kite dalam pengelolaan Blok Rokan ini sesuai dengan bidangnnye. Tidak menjadi penonton di negeri sendiri. Ini pade intinye," terang Datuk Seri H Sofyan.

Diungkapkan Datuk Seri H Sofyan Said, diantara pekerjaan yang bisa dilakukan oleh anak-anak tempatan misalnya pekerjaan membabat rumput, cleaning service, jaga malam atau satpam. "Sementare bidang ahlinya sudah kite memiliki. Perusahaan yang dibentuk, bernaung di bawah LAMR Kabupaten Bengkalis yang unsur-unsur di dalamnye adalah pengurus LAMR Kabupaten Bengkalis yang memiliki ketergantungan dengan Badan Usaha Milik Adat di Provinsi Riau. Kite otonom di sini, apa pun bisa kite lakukan nanti, pekerjenye kita ambil anak-anak Melayu kite di Kabupaten Bengkalis ini," tambahnya.

Diungkapkan Datuk Seri H Sofyan juga, LAMR Provinsi Riau bersama LAMR kabupaten/ kota se-Riau beberapa waktu lalu menghadiri pertemuan dengan Komisi VII DPR RI di Jakarta. "Dalam pertemuan itu, DPR RI sangat mendukung kalau memang Lembage Adat kite ikut serte dalam pengelolaan Blok Rokan tadi," beber Datuk Seri H Sofyan Said.

"Mudah-mudahan, banyak investor menanamkan modalnya di pengelolaan Blok Rokan," harapnya.

Dalam waktu dekat, sosialisasi akan dilakukan LAMR kabupaten/ kota yang difasilitasi LAMR Provinsi Riau. "Kita akan melakukan sosialisasi kepade masyarakat kite macam mane pengelolaan Blok Rokan, ape yang harus kite lakukan. Jangan lah peluang ini tidak kite ambek karene kalau tidak kite ambek mungkin ade organisasi yang lain ikut mengelola sehingge kite jadi penonton," sindirnya.

Saat ditanyakan jika ada yang mengatakan LAMR itu hanya mengurus adat istiadat, tanah ulayat, "Mungkin kite masyarakat Melayu tidak faham dengan Lembage Adat ini. LAMR Kabupaten Bengkalis sudah dikeluarkan Peraturan Daerah nomor 39 tahun 2001 tentang Pelestarian Kebudayaan Adat Kabupaten Bengkalis. Perlu saye sampaikan di sini, orang banyak tidak faham fungsinye. Fungsinye bukan hanye kite bepantun-pantun, petatah petitih, menaghi-naghi, menyambut tamu bukan itu aje, itu memang sudah menjadi mahkota kite. Tapi kan mensejahterakan masyarakat adat ini juge termasuk tugas dan fungsi Lembaga Adat, hak-hak masyarakat adat, tanah ulayat. Anak-anak Melayu kite yang tidak bekeje, daghi pade bekeje yang tidak menentu, itu juge sudah menjadi tanggung jawab Lembaga Adat," terang Datuk Seri H Sofyan Said seranya menambahkan jika LAMR hanya mengurus adat istiadat maka kehidupan anak negeri ini akan makin melarat.

"Yang ndak kite rebut ini adelah hak-hak masyarakat adat, mensejahterakan masyarakat adat. Banyak hal yang harus kite lakukan seperti sekarang ini masalah Blok Rokan ini. Dengan kite serte mengelola, setidak-tidaknye dapat kite membawak anak kemenakan kite, yang menganggur jadi tidak menganggur, yang putus sekolah bisa melanjutkan. Kite akan membentuk koperasi, yayasan, sebetolnye banyak keje yang harus kite lakukan," terang Datuk Seri H Sofyan Said.

"Saye menghimbau kepade masyarakat Kabupaten Bengkalis, mari same-same kite mendukung terhadap penyerahan pengelolaan Blok Rokan yang dikelola langsung oleh Badan Usaha Milik Adat yang menjadi wadah pengelolaan Blok Rokan ini. Mari same-same, kite jangan memandang kenape Lembage Adat ini mengurus adat aje. Ngape masalah minyak, masalah Blok Rokan ikut campur. Itu memang sudah tugas dan fungsi Lembage Adat sehingge nanti kalau kite rebut, banyak anak-anak kite yang menganggur, putus sekolah Insya Allah bisa diselamatkan," ungkapnya di akhir wawancara. ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww