Home > Berita > Umum

Berkebun di Pekarangan Rumah Bisa Jadi Cara Jaga Kesehatan saat Pandemi

Berkebun di Pekarangan Rumah Bisa Jadi Cara Jaga Kesehatan saat Pandemi

Ilustrasi/INTERNET

Sabtu, 31 Oktober 2020 10:25 WIB
Gusti Herniyah

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Berkebun merupakan kegiatan yang bisa dilakukan oleh masyarakat di masa pandemi. Tidak mesti memiliki kebun, di pekarangan rumah juga bisa dilakukan.

Aktivitas ini dapat mengurangi dan menghindari kerumunan orang selama menjalani social distancing dan physical distancing, terutama kelompok yang berisiko tertular seperti, lanjut usia dan merupakan satu cara efektif untuk menekan angka penurunan penyebaran Covid-19.

Dosen Fakultas Pertanian dan Peternakan salah satu universitas di Pekanbaru, Elfi Rahmadani mengatakan, berkebun dapat mengatasi rasa bosan, mengendalikan emosi, mengurangi stres dan menyehatkan tubuh.

”Kegiatan berkebun akan membantu kita untuk mendapatkan paparan sinar matahari yang merupakan sumber vitamin D. Kegiatan berkebun juga merupakan salah satu olahraga yang membantu pembakaran kalori. Setiap orang yang rutin berkebun memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah daripada mereka yang tidak pernah berkebun," jelasnya kepada potretnews.com, baru-baru ini.

Elfi mengungkapkan, berdasarkan penelitian Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS pada tahun 2013 yang diterbitkan dalam _American Journal of Public Health, dijelaskan bahwa jika seseorang berkebun selama satu jam maka akan membakar sekitar 330 kalori di dalam tubuhnya.

”Jika seseorang melakukan aktivitas berkebun, maka sama artinya dengan berolahraga dalam intensitas sedang atau tidak terlalu berat," ujarnya.

Elfi menyarankan jenis tanaman yang dapat ditanam selama pandemi adalah tanaman hortikultura, tanaman rempah-rempah dan herbal. Ia menganjurkan agar tanaman ini ditanam di pekarangan rumah. Cara penanamannya dengan menggunakan polybag, memanfaatkan wadah bekas, dan mengunakan sistem tanam hidroponik dengan pipa air yang disusun.

”Membudidayakan tanaman di pekarangan rumah, jika ditekuni secara serius juga dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga di masa pandemi, menjadi mata pencarian di tengah pendemi dan bahkan bisa dapat menyiasati kebutuhan obat herbal di tengah pandemi," pungkasnya. *1

Kategori : Umum
wwwwww