Mahasiswa KKN Umri Semangati UMKM lewat Sosialisasi dan Pembinaan Usaha

Jum'at, 21 Agustus 2020 12:49 WIB
Muhamad Maulana
mahasiswa-kkn-umri-semangati-umkm-lewat-sosialisasi-dan-pembinaan-usahaMahasiswa KKN Umri foto bersama dengan pelaku UMKM.

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Ada yang berbeda dengan penyelenggaraan kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) pada tahun ini. Hal itu terjadi karena situasi berada pada masa pandemi Covid-19 yang mengakibatkan kegiatan sosialisasi harus dilakukan di daerah lingkungan tempat tinggal mahasiswa.

Program KKN kali ini berkaitan dengan usaha mikro kecil menengah (UMKM). UMKM merupakan suatu kelompok usaha yang dikelola oleh badan usaha maupun perseorangan yang memiliki jumlah besar merujuk pada ekonomi produktif.

Dalam pelaksanaan UMKM terdapat berbagai macam permasalahan seperti : minimnya modal, distribusi yang tidak tepat, kurangnya inovasi, sistem pembukuan masih manual, kurangnya motivasi dalam mengembangkan usaha, kurangnya sosialisasi untuk melakukan suatu perubahan (baik itu dari jenis produk, kemasan).

Membantu mengatasi masalah tersebut mahasiswa KKN Umri Kelompok 17 melakukan sosialisasi kepada pedagang usaha kecil dibawah bimbingan Sunaryo selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) serta memberikan motivasi dan pemdampingan usaha seperti mengetahui jenis produk, jumlah modal yang diperlukan, bagaimana distribusinya, dan sumber pemasokan dari input produksi tersebut.

Adapun kegiatan yang dilakukan mahasiswa selain dari pada itu yakni mengadakan acara demo masak yang secara keseluruhan pesertanya adalah ibu-ibu (warga sekitar).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan tentang produk apa saja yang sekiranya dapat menjadi ide ide baru untuk membuka usaha, memperluas wawasan bagaimana membangun suatu usaha kecil dengan modal sedikit namun dapat menghasilkan laba, serta sosialisai yang dilakukan dapat dijadikan sebagai wadah dalam bertukar ilmu dan pengalaman dalam menjalankan suatu usaha, selain itu pengadaan acara juga dilakukan demi menyemarakkan semangat kemerdekaan Republik Indonesia yang mana penyelengaraannya bertepatan pada 17 Agustus 2020. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww