Dinas PMD Kampar Beri Kades Pembekalan Tata Cara Pengadaan Ambulans Desa agar Terhindar Masalah Hukum

Sabtu, 09 Mei 2020 09:12 WIB
dinas-pmd-kampar-beri-kades-pembekalan-tata-cara-pengadaan-ambulans-desa-agar-terhindar-masalahSuasana sosialisasi tata cara pengadaan barang/jasa pengadaan kendaraan kesehatan atau mobil ambulans desa, Rabu (6/5/2020)/ISTIMEWA.

KAMPAR, POTRETNEWS.com — Guna tercipta satu persepsi mengenai pengadaan barang dan jasa yang sesuai peraturan berlaku aparat desa atau kelurahan di Kabupaten Kampar, Riau, diberi pembekalan.

Mereka diberi pemahaman lewat kegiatan berbentuk sosialisasi tata cara pengadaan barang/jasa khususnya pengadaan kendaraan kesehatan atau mobil ambulans desa.

Sosialisasi yang berlangsung di aula Kantor Bupati Kampar, Rabu (6/5/2020), diikuti oleh para kepala desa (kades) dan kaur keuangannya tersebut, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) yang diwakili Koordinator Tim Asistensi Desa (TAD) Bidang Pengadaan Barang dan Jasa Elly Yudia SE.

Dalam sambutannya sebelum membuka acara, Elly Yudia yang juga merupakan Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pembangunan Desa Dinas PMD menyampaikan, bahwa sosialisasi ini dilaksanakan agar para kepala desa dan perangkatnya bisa memahami tentang proses pengadaan barang atau jasa yang benar sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/10052020/potretnewscom_umhfm_1838.jpgSuasana sosialisasi tata cara pengadaan barang/jasa pengadaan kendaraan kesehatan atau mobil ambulans desa, Rabu (6/5/2020)/ISTIMEWA

”Kita ingin, jangan sampai akibat dari ketidaktahuan ataupun ketidaksengajaan aparat pemerintah desa dalam proses pengadaan barang dan jasa yang dilakukan menjadi masalah hukum,” katanya.

Dalam sosialiasi ini, imbuh Elly Yudia, para kades harus tahu bahwa mobil layanan kesehatan atau ambulance tersebut perlu ditingkatkan spesifikasi kelengkapan yang meliputi; brangkar, oksigen dan infus, lampu sirine, lampu penerangan dalam mobil dan fasilitas lainnya sesuai SOP.

Terkait spesifikasi kendaraan, kata dia melanjutkan, pihaknya bekerja sama dengan Bidang Kesehatan Dinas Kesehatan kampar. Hal ini dilakukan agar desa-desa yang menganggarkan pengadaan mobil ambulans, harus benar-benar miliki fasilitas kesehatan, jangan hanya asal mereknya saja.

Makanya dalam sosialisasi tersebut, panitia menghadirkan narasumber Poppy Rahmadini yang menjabat Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kampar dan Yaprizal, Kabid Keuangan dan Aset Desa Dinas PMD kampar.

Karena saat ini tengah pandemi Covid-19, maka panitia menggelar kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan dan membagi sosialisai dua menjadi kelompok selama dua hari yakni Rabu 6 Mei dan Jumat 8 mei 2020.

Adapun kelompok pertama gelombang I dimulai pada pukul 09.00 sampai selesai dan kelompok dua gelombang II dimulai pada pukul 13.30 WIB sampai selesai. (adv/diskominfo kampar)

Kategori : Kampar, Pemerintahan
wwwwww