PotretNews.com Kamis 06 Agustus 2020
Home >  Berita >  Kampar

Antisipasi Kekurangan Pangan, Bupati Kampar Ingin Lahan Pemda Sudah Harus Ditanami Jagung sebelum Lebaran

Jum'at, 08 Mei 2020 10:21 WIB
antisipasi-kekurangan-pangan-bupati-kampar-ingin-lahan-pemda-sudah-harus-ditanami-jagung-sebelum Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto menanam bibit tanaman pangan di lahan pemda di Kecamatan Tambang, Rabu (6/5/2020)/ISTIMEWA

TAMBANG, POTRETNEWS.com — Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto memerintahkan Kepala Dinas Pertanian setempat agar segera melakukan melakukan penanaman tanaman pangan di lahan milik pemerintah daerah (pemda) itu.

”Sebelum Lebaran ini tanah pemda yang ada agar ditanami jagung karena masa tanamnya tidak lama,” tandas Catur, Rabu (6/5/2020).

Hal tersebut disampaikan Catur merespons kekhawatiran Gubernur Riau Syamsuar terkait kemungkinan munculnya masalah baru setelah pandemi Covid-19 yaitu kerawanan pangan.

Syamsuar mengingatkan soal itu ketika hadir di Desa Kualu Kecamatan Tambang, Kampar pada Gerakan Menanam untuk Peningkatan Ketahanan Pangan yang lokasinya di atas lahan pemerintah kabupaten (pemkab) dengan menggandeng petani setempat.

”Jangan sampai setelah pandemi Covid-19 malah muncul masalah baru yaitu kerawanan pangan. Untuk itu, marilah menanam mulai saat ini,” ajak Syamsuar.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/10052020/potretnewscom_qduqq_1839.jpgBupati Kampar Catur Sugeng Susanto menyerahkan secara simbolis bantuan kepada Kelompok Tani Kualu/ISTIMEWA

Pada kesempatan itu gubernur juga menyampaikan, agar tanaman bisa membuahkan hasil maksimal maka diperlukan kerja sama yang baik dan mengikuti tahapan dengan disiplin.

Sinergitas antara pemkab dengan petani menanam tanaman pangan merupakan wujud saling bantu di masa pandemi. Gubernur mengungkapkan, dalam upaya membantu masyarakat, pemerintah provinsi juga akan segera menyerahkan bantuan. Syamsuar juga berharap desa dapat menyegerakan bantuannya kepada masyarakat melalui dana desa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kampar Ir Bustan bersama Kepala BPTP Balitbang Riau Dr Salwati SP MSI mengatakan, sejak jauh hari pihaknya telah mempersiapkan 10 hektar lahan Pemda Kampar dan kelompok tani penggarapnya juga telah disiapkan untuk menanam Jagung.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/10052020/potretnewscom_pe26z_1840.jpgBupati Kampar Catur Sugeng Susanto berfoto bersama Gubernur Syamsuar dan forkopimda provinsi pada kegiatan Gerakan Menanam untuk Peningkatan Ketahanan Pangan, di Kecamatan Tambang/ISTIMEWA

Selain itu, kata Bustan, pemda tengah mencari investor pertanian dengan pola KKPA yang akan mengisi musim 2 dan 3 dan merupakan uji coba pertama di lahan seluas 4 hektar di Simpang Kambing Desa Teratakbuluh

Menurut dia, program kerja sama dengan BPTP Balitbang Riau itu nantinya ditanami varietas unggul baru invara yang merupakan lahan lebak dengan sistem pengairan mengharapkan hujan.

”Sawah yang baru dibuka untuk menambah luas sawah pertanian itu diolah menggunakan teknologi sawah bukaan baru, yang diaplikasikan dengan sangat hati-hati agar mencapai keberhasilan. Dengan begitu diharapkan lahan kembali kembali ke habitatnya serta tidak alih fungsi,” papar Bustan.

Dia menyebut, lahan yang akan ditanami jagung di lokasi tersebut seluas 22 hektar dari total keseluruhan 58 hektar. Namun secara bertahap dapat terus dikembangkan.

Pada bagian akhir kunjungan ke Tambang, Gubernur Riau bersama forkompinda provinsi dan Bupati Kampar menyerahkan bantuan sembako untuk 30 orang Kelompok Tani Kualu Desa Kualu. (adv/diskominfo kampar)

       
        Loading...    
           
Kategori : Kampar, Pemerintahan
Loading...
www www