Home > Berita > Inhil

Uji Swab Keluarga yang Kontak Erat dengan Pasien 01 Positif Covid-19 di Inhil Hasilnya Negatif

Minggu, 03 Mei 2020 18:20 WIB
Redaksi
uji-iswabi-keluarga-yang-kontak-erat-dengan-pasien-01-positif-covid19-di-inhil-hasilnya-negatifJuru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Inhil, Trio Beni Putra.

TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com — Pemeriksaan swab tenggorokan terhadap keluarga yang kontak erat dengan pasien pertama positif Covid-19 di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, menunjukkan hasil negatif dari paparan virus corona.

Hasil itu diketahui setelah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Inhil merilis uji swab seluruh keluarga serumah dari pasien 01 berinisal A, pria berusia 64 tahun warga Tembilahan. Pasien tersebut telah meninggal dunia.

Untuk itu, pihak Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada, Tembilahan akan menerbitkan surat sehat bagi keluarga pasien. ”Insya Allah, besok surat sehat bagi keluarga pasien positif Covid-19 itu akan dikeluarkan," tutur Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Inhil, Trio Beni Putra, Ahad (3/5/2020) siang.

Dengan diterbitkannya surat sehat tersebut, imbuh Trio, itu berarti bahwa seluruh keluarga pasien positif Covid-19 yang bertempat tinggal di Jalan Gunung Daek, Tembilahan dipastikan steril dari paparan Covid-19.

”Hasil swab sudah rilis, dan dinyatakan negatif. Artinya, tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan terhadap keluarga pasien, khususnya bagi warga sekitar tempat tinggal pasien yang positif Covid-19 kemarin,” ucap Trio.

Sebelum hasil swab tenggorokan dirilis, keluarga pasien yang menjalani uji menyandang status sebagai orang dalam pemantauan (ODP). Dengan telah dirilisnya hasil uji swab yang menunjukkan hasil negatif, maka status ODP keluarga pasien pun dicabut.

”Jadi, mereka (keluarga pasien, red) tidak lagi berstatus ODP dan dinyatakan sehat dan steril atau bebas dari Covid-19,” pungkas Trio. (adv/diskominfops inhil)

Kategori : Inhil, Pemerintahan
wwwwww