Ratusan Rumah di Dua Desa Kecamatan Gunungsahilan Kebanjiran akibat Sungai Kampar Meluap

Ratusan Rumah di Dua Desa Kecamatan Gunungsahilan Kebanjiran akibat Sungai Kampar Meluap

Ilustrasi rumah terendam banjir. (INEWS.id)

Kamis, 12 Desember 2019 16:08 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Tingginya curah hujan di Riau membuat sejumlah desa di Kecamatan Gunungsahilan di Kabupaten Kampar dilanda banjir. Tim SAR Polres setempat diterjunkan ke lokasi.

”Ada dua desa yang kini dilanda banjir, Desa Gunungsahilan dan Desa Sahilandarussalam. Kawasan ini setiap tahunnya selalu dilanda banjir setiap puncak musim penghujan," kata Kapolres Kampar Mohammad Kholid, Kamis (12/12/2019).

Desa yang dilanda banjir ini, sambung Kholid, berada di bantaran Sungai Kampar. Ada lebih kurang 200 rumah penduduk di kedua desa yang kini tergenang dari luapan Sungai Kampar. Sebagian rumah lainnya yang berada di ketinggian tidak terkena banjir.

”Sebagian warga yang rumahnya terkena banjir kini mengungsi ke rumah sanak familinya yang rumahnya tidak terkena banjir,” kata Kholid.

Dia mengatakan personel Polres Kampar berjaga di lokasi banjir untuk mencegah terjadinya terjadinya kasus kriminal. Personel juga memiliki kemampuan SAR dan dilengkapi sejumlah peralatan yang dibutuhkan di lokasi.

”Dari Polda Riau mengirim 4 personel Polair berserta peralatan perahu karet mereka bergabung dengan tim Polres Kampar," sebut Kholid.

Selain itu, tim BPBD Pemkab Kampar juga diterjunkan ke lokasi banjir. Pihak BPBD Kampar saat ini telah membuka dapur umum untuk masyarakat korban banjir.

”Dari pantauan kita di lapangan situasi di lokasi banjir cukup aman hingga saat ini belum ada korban jiwa. Fasilitas umum seperti sekolah masih aman. Belum ada meliburkan siswa,” pungkas Kholid. ***

Berita ini telah terbit di detik.com dengan judul "Sungai Kampar Riau Meluap, 200 Rumah Tergenang Banjir"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Kampar, Peristiwa
wwwwww