PotretNews.com Selasa 10 Desember 2019
Home >  Berita >  Kuansing

Dua Pengidap HIV/AIDS di Bukitbetabuh Kuantan Singingi Tak Diketahui Keberadaannya

Dua Pengidap HIV/AIDS di Bukitbetabuh Kuantan Singingi Tak Diketahui Keberadaannya

Ilustrasi. (LIPUTAN6.com)

Minggu, 01 Desember 2019 15:45 WIB

TELUKKUANTAN, POTRETNEWS.com — Dinas Kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, beberapa waktu lalu, pernah melakukan tes HIV AIDS di daerah Bukitbetabuh, Kecamatan Kuantan Mudik.

Daerah ini memang dipenuhi kafe remang-remang dan diduga ada layanan seks. Hasil tes, ditemukan dua orang pengidap HIV AIDS. Namun sayang, keduanya tidak diketahui lagi keberadaannya.

”Sekarang yang dua orang di Bukitbetabuh itu enngak tahu lagi ke mana. Katanya enggak di situ lagi (Bukitbetabuh),” katanya.

Kemudian, Dinkes juga telah melakukan tes HIV/AIDS di Rumah Tahanan (Rutan) Telukkuantan. Hasilnya, negatif. ”Kita pernah tes di Rutan. Hasilnya negatif. Enggak ada penghuni yang mengidap HIV/AIDS,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kuansing, Jumardi, Ahad (1/12/2019).

Tes HIV/AIDS di Rutan Telukkuantan wajar dilakukan. Sebab 80 persen punghuni rutan ini merupakan kasus narkotika. Salah satu penyebaran HIV AIDS sendiri melalui penggunaan jarum suntik narkotika. Bukan hanya di rutan. Pihak Dinkes Kuansing juga pernah melakukan tes di sebuah rumah yang dianggap menyediakan jasa seks di Kecamatan Benai. Hasilnya, negatif. "Kita juga pernah tes yang di Benai. Hasilnya negatif," ujarnya.

Sebelumnya disebutkan ada 15 penderita HIV/AIDS di Kuansing, Riau. Para penderita pun saat ini terus mengkonsumsi obat antiretroviral (ARV). ***

Berita ini telah terbit di pekanbaru.tribunnews.com dengan judul "HIV AIDS di Riau, Tahanan Rutan Kuansing Riau Pernah Jalani Tes, Ini Hasilnya"

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Kategori : Kuansing, Umum
Loading...
www www