PotretNews.com Selasa 10 Desember 2019
Home >  Berita >  Rohul

Sempat Lumpuh akibat Banjir di Rokan Hulu, Jalur Lintas Riau-Sumut Kembali Normal

Sempat Lumpuh akibat Banjir di Rokan Hulu, Jalur Lintas Riau-Sumut Kembali Normal

Banjir yang merendam sejumlah desa di Kabupaten Rokan Hulu, Riau. (KOMPAS.com)

Rabu, 27 November 2019 11:50 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Banjir yang merendam ruas jalan lintas Riau-Sumatera Utara (Sumut) di Kota Pasirpengaraian, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), saat ini sudah surut, Rabu (27/11/2019). Kendaraan juga sudah bisa melintas. Banjir mulai surut sejak Rabu dini hari tadi.

Siang ini, sudah tidak ada lagi jalan lintas nasional yang terendam banjir. Petugas lalu lintas juga membuka kembali penutup jembatan Batanglubuh.

Sejumlah petugas kepolisian dari Polres Rohul, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan TNI tampak meninjau kondisi air sungai yang sudah jauh surut.

”Alhamdulillah, untuk saat ini banjir Kecamatan Rambah sudah surut. Jalan lintas juga sudah kering. Tapi, di permukiman yang rendah masih ada genangan air," ucap Syafdanol Putra selaku Staf BPBD Rohul saat ditemui di posko pengungsian, Rabu.

Meski begitu, saat ini BPBD Rohul bersama pihak terkait lainnya masih siaga banjir. Sebab, hari ini masih terjadi hujan di bagian wilayah hulu sungai Rokan Kanan.

”Kami siaga banjir, karena dikhawatirkan kalau hujan deras di hulu, bisa menyebabkan Sungai Rokan Kanan meluap lagi," kata Putra.

Sebelumnya, akses jalan lintas nasional penghubung Riau-Sumut di Kota Pasirpengaraian terputus akibat banjir. Ruas jalan digenangi air sepanjang 1 kilometer, dengan ketinggian air 60 sentimeter sampai 2 meter.

Polisi lalu lintas mengalihkan jalan menuju arah Sumut melewati jalur alternatif, yakni Jalan Lingkar. Jalan ini juga menjadi satu-satunya akses ke kompleks perkantoran Pemda Rohul dan pusat kota.

Sebagaimana diberitakan, banjir merendam tiga kecamatan di Kabupaten Rohul, sejak Ahad (24/11/2019) dini hari. Banjir yang diakibatkan luapan air sungai, merendam ratusan rumah warga dan juga fasilitas umum, seperti rumah ibadah dan sekolah. ***

Berita ini telah terbit di kompas.com dengan judul "Banjir di Rokan Hulu Mulai Surut, Jalur Lintas Riau-Sumut Bisa Dilewati"

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Kategori : Rohul, Peristiwa
Loading...
www www