Home > Berita > Siak

Harimau Muncul di Ladang Minyak BOB Siak, Warga yang Berjumpa Saat Pulang Kerja Spontan Merekamnya

Harimau Muncul di Ladang Minyak BOB Siak, Warga yang Berjumpa Saat Pulang Kerja Spontan Merekamnya
Minggu, 03 November 2019 19:40 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com - Seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) dewasa muncul di areal pipa minyak PT Badan Operasi Bersama-Bumi Siak Pusako (BOB-BSP) yang berada di dalam kawasan konservasi Taman Nasional Zamrud (TNZ), di Kampung Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau. Kemunculan harimau itu diketahui pertama oleh pekerja PT BOB-BSP lantaran saat bersamaan melintas di jalan menuju TNZ.  "Kejadiannya Sabtu kemarin kira-kira pukul 18.05 WIB, jelang Magrib," kata Rudi kepada potretnews.com, Ahad (3/11/2019).

Saat itu, Rudi melintas mengendarai mobil langsung merekam kemunculan si Raja Rimba tersebut. "Waktu itu saya mau pulang. Tiba-tiba saya melihat harimau muncul dari dalam hutan melewati pipa. Saya pun merekam dan memfotonya," kata warga Kecamatan Siak tersebut.

Menurut Rudi, di lokasi tadi memang sering muncul harimau. Bahkan, masyarakat dan pekerja PT BOB sudah sering melihatnya. "Sudah ramai masyarakat dan pekerja melihat harimau melintas di jalan tadi. Jadi tak begitu heran," ujarnya.

Camat Dayun, Ricko Riyanto pun mengaku sudah mengetahui kemunculan harimau tersebut. Ia mengatakan, di konservasi TNZ memang habitatnya. Bahkan sudah dipajang plang peringatan di seputaran lokasi agar masyarakat tidak melintasi kawasan tersebut.

"Selama ini memang sering harimau melintas di kawasan tersebut. Habitatnya memang di situ. Sedikit banyaknya penyebab kemunculan harimau ini karena di wilayah itu sering terjadi kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono, juga membenarkan kemunculan harimau tersebut. Kepada potretnews.com dia mengatakan, sudah beberapa kali masyarakat, petugas BBKSDA dan pekerja PT BOB melihat harimau melintas di sana.

"Daerah itu memang sering terlihat. Biasanya jalan yang dilintasi itu disebut lintasan satwa yang berdekatan dengan Pos BBKSDA," tuturnya.

Wilayah itu, ucap dia, berada di lokasi sumur Zamrud 5 dan 6 yang berjarak kurang lebih 10 km dari Km 23 Kampung Dayun, atau berjarak 5 km dari kompleks perumahan PT BOB yang sudah masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Zamrud.

"Artinya, memang di wilayah itu salah satu site habitat harimau yang ada di lansekap Kampar. Jadi kemunculannya tidak membahayakan masyarakat atau pekerja. Asal tidak melintasi daerah tersebut," tukasnya. Untuk memantau keberadaan harimau, dia menyebut, pihaknya bersama BOB dan Pemkab Siak segera memasang camera trapp (CT) pada areal-areal tersebut, serta melakuan patroli bersama dan melakukan operasi sapu jerat. ***

Kategori : Siak, Umum
wwwwww