Home > Berita > Siak

Harimau Keluar Area Chevron di Minas dengan Lompati Pagar Setinggi Dua Meter

Harimau Keluar Area Chevron di Minas dengan Lompati Pagar Setinggi Dua Meter

Screenshoot video harimau berkeliaran di kawasan PT Chevron, Minas, Kabupaten Siak, Riau. (ISTIMEWA VIA DETIKCOM)

Kamis, 08 Agustus 2019 10:18 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Seekor harimau sumatera liar yang sebelumnya berkeliaran di dekat fasilitas minyak PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan, diperkirakan pergi menjauhi area itu dengan melompati pagar setinggi dua meter.

Kepala Bidang Wilayah II Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Heru Sutmantoro mengatakan tim penyelamat satwa menyimpulkan hal tersebut setelah melakukan pemeriksaan di area stasiun pengumpul atau Gathering Station (GS) 5 Chevron di Minas, Kabupaten Siak.

”Hasil pemeriksaan lokasi memang ada kejadian harimau sumatera masuk area GS. Setelah tim melakukan pemeriksaan lokasi, ditemukan jejak harimau dan sudah mengarah ke luar GS dengan cara melompat pagar setinggi dua meter,” katanya, Kamis (8/8/2019).

Ia memperkirakan satwa belang itu sekadar melintas menuju Taman Hutan Raya Sutan Syarif Hasyim yang berjarak kurang lebih 12 kilometer dari lokasi kejadian.

”Upaya untuk mengeluarkan harimau sudah dilakukan dengan membunyikan senjata api tapi keberadaan harimau tetap tidak muncul,” ucapnya.

Selanjutnya, Tim BBKSDA Riau akan melakukan pendampingan terhadap aktivitas kerja di GS 5 Chevron selama diperlukan. Seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrea) terekam kamera petugas pengamanan di Kilometer 5 Jalan Lintas Timur Sumatera,dekat fasilitas GS5 Chevron di Minas, Kabupaten Siak, Rabu (7/8). Video amatir yang direkam petugas sekuriti Chevron menyebar luas atau viral di media sosial.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan sudah ada satu tim penyelamat satwa untuk upaya penanganan secepatnya.

”Sudah ada tim turun dari BBKSDA Riau dan mitra, harapannya segera bisa diselamatkan (harimau),” sebut Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHKWiratno di sela peringatan Hari Konservasi Alam Nasional 2019, di Batam, Kepri.

Dia mengatakan gangguan pada ekosistem harimau sumatera, seperti kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menyebabkan kabut asap bisa mempengaruhi perilaku satwa tersebut. Akibat kondisi kering dan berasap, harimau bisa saja kesulitan mencari pangan sehingga harus berjalan lebih jauh dari habitatnya di hutan.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pekanbaru dibantu Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru berjibaku memadamkan bara api yang membakar lahan gambut di tengah pekatnya asap kebakaran lahan di Pekanbaru, Riau, Selasa (6/8/2019).

”Kalau ada kebakaran, harus cari upaya penyelamatan (harimau). Harus ada upaya-upaya yang dilakukan secara segera,” ujarnya.

Ia mengatakan KLHK pada 2020 akan fokus pada penyelamatan harimau sumatera dengan berinvestasi membangun pusat rehabilitasi di Riau. Selama ini, rehabilitasi harimau sumatera liar yang terluka maupun yang berkonflik dengan manusia, masih dibantu pihak swasta di Dharmasraya, Provinsi Sumatra Barat.

Harapannya dengan pusat rehabilitasi harimau di Riau bisa ada penanganan yang cepat dan pencegahan konflik bisa optimal. Setiap harimau sumatera yang sudah direhabilitasi akan dipasang kalung penanda atau GPS satellite collar, sehingga pergerakan satwa bisa dipantau dengan cepat.

Baru dua harimau sumatera liar yang sudah dilepasliarkan di Riau, yakni Bonita dan Atan yang bisa dipantau lewat piranti tersebut. Keduanya adalah harimau yang sebelumnya direhabilitasi akibat berkonflik dengan manusia.

”Yang dilepas dua itu bisa dipantau pakai aplikasi android, jelajahnya kelihatan. Kalau jelajah mereka dekat radius satu kilometer dari lokasi pelepasliaran, berarti ada pakan yang dekat. Mudah-mudahan mereka survive,” pungkas Wiratno. ***

Berita ini telah tayang di republika.co.id dengan judul "Harimau Keluar Area Chevron dengan Lompati Pagar Dua Meter"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Siak, Umum
wwwwww