Home > Berita > Riau

Gubernur Riau Resmikan PLTMG 25 MW di Kotogasib, Bupati Alfedri: Rasio Elektrifikasi di Siak Sudah 100 Persen

Gubernur Riau Resmikan PLTMG 25 MW di Kotogasib, Bupati Alfedri: Rasio Elektrifikasi di Siak Sudah 100 Persen

Didampingi Alfedri, Syamsuar tanda tangani prasasti tanda diresmikannya Gardu PLTG di Kotogasib.

Rabu, 31 Juli 2019 17:46 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Gubernur Riau Syamsuar meresmikan Gardu Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berkapasitas 25 MW di Kecamatan Kotogasib, Siak. Ada dua lokasi gardu induk di Riau yang diresmikan langsung oleh Gubernur Syamsuar, Rabu (31/7/2019). Handir dalam acara peresmian Direktur Bisnis Regional Sumatera PT PLN Wiluyo Kusdwiharto, General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Riau Kepri M Irwansyah Putra, Manager PT PLN (Persero) UP3 Pekanbaru, Kadis ESDM Provinsi Riau Indra Agus Lukman,  Dewan Direksi Konsorsium MKA,  Liman, EoR Asiatic, serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Siak.

Bupati Siak Alfedri dalam sambutannya mengucap banyak terimakasih kepada Direktur Bisnis Regional Sumatera PT PLN yang sudah membangun pembangkit listrik tenaga Gas di wilayah Siak.

Awalnya, gardu PLTMG ini rencananya dibangun di Rawa Mekar Jaya, Kecamatan Sungaiapit, Siak. Namun gas yang diharapkan tidak mencukupi kebutuhan pembangkit dan hanya bisa menghidupkan 1 MW.

"Gas yang di harapkan tidak menucukupi dari target kita, atas rekomendasi dirut pln yang di sampaikan pak Syamsuar, boleh pindah tetapi masih di Kabupaten Siak, Alhamdullilah ini lah lokasinya di Station 1401 yang akan di Oprasioalkan," kata Alfedri.

Dikatakan Alfedri, di Kabupaten Siak saat ini dari 131 kampung dan kelurahan sudah teraliri listrik dengan rasio elekrifikasi mencapai 100 persen. Namun hanya beberpa dusun yang jauh belum terjangkau dari jaringan PLN.

"Tahun 2011 rasio elekrifikasi hanya 34 persen namun setelah tujuh tahun kami bersama Pak Syamsuar memimpin Siak rasio elekrifikasi sudah 100 persen. Namun jaringan yang masuk kepelosok kampung baru 97 persen, hanya sedikit yang belum dijangkau jaringan," kata Alfedri.

Dengan diresmikannya gardu ini, Siak semakin terang dan berdampak fositif bagi penurunan angka kriminalitas. Serta meningkatkan perekonomian bagi masyarakat. Alfedri juga apresiasi PLN dalam mendukung suplay listrik di kawasan proyek strategi nasional Kawasan Industri Tanjung Buton.

Direktur PT PLN (Persero) Bisnis Regional Sumatera Wiluyo Kusdwiharto mengatakan, beroperasinya PLTMG Kotogasib ini akan mendukung pasokan kelistrikan di Kabupaten Siak dan menggantikan pengoperasian PLTD Siak dan PLTD Sungaiapit.

Pembangunan Gardu Induk dan SUTT di Riau saat ini ada dua, SUTT Dumai-Kawasan Industri Dumai (KID) GI New Garuda Sakti 1 X 30 MVA sebagai penguatan untuk kebutuhan kelistrikan Kota Pekanbaru dan yang serupa di Siak.

"Ini dilakukan bentuk komitmen PLN dalam mewujudkan Provinsi Riau terang benderang," ucap dia.

Dikatakanya, permintaan daya energi listrik di Provinsi Riau sangat bertumbuh pesat, dilihat dari data penjualan tenaga listrik di semester I tahun 2019 naik sebesar 145,2 GWh atau tumbuh sebesar 6,83% dari tahun lalu.

"Beroperasinya PLTG Koto Gasib 25 MW dan selesainya pembangunan Gardu Induk dan SUTT ini wujud komitmen PLN dalam memasok listrik di Provinsi Riau," ujarnya. ***

Kategori : Riau, Siak, Umum
wwwwww