Home > Berita > Riau

RSUD Siak Berpeluang Jadi Rumah Sakit Regional

RSUD Siak Berpeluang Jadi Rumah Sakit Regional

Bupati Siak Alfedri (peci hitam) didampingi Direktur RSUD Siak dr Benny saat diwawancarai sejumlah awak media.

Senin, 22 Juli 2019 14:24 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Rafi'an Kabupaten Siak berpeluang jadi rumah sakit regional khusus di Provinsi Riau. Meningkatnya fasilitas, sarana dan prasarana di rumah sakit jadi modal besar dijadikannya RSUD Siak rujukan regional. "Dinas Kesehatan Provinsi Riau telah mengevaluasi RSUD Siak jadi rumah sakit rujukan regional," kata Direktur RSUD Tengku Rafi'an Siak, dr Benny Chairuddin, di Siak, Senin (22/7/2019).

Benny mengatakan, saat ini rujukan Regional rumah sakit Siak dan Kepulauan Meranti masih ke RSUD Bengkalis. Hal itu menurut Benny, tidak efektif. "Seharusnya, mereka (Meranti dan Bengkalis) ke kita. Bukan kita yang ke sana," ujar Benny.

Syarat menjadi rujukan regional ini kata Benny, seluruh puskesmas yang ada di Siak tidak mesti harus tipe B.

"Tak mesti tipe C atau B. Yang penting RSUD kita sudah dipastikan layak jadi rujukan regional. Dan perlu diketahui, RS di Siak jadi rujukan regional merupakan harapan Gubernur Riau Syamsuar semasa menjabat Bupati Siak," kata dia.

Rencana itu juga diapresiasi Bupati Siak Alfedri. Ia mengatakan, predikat paripurna yang diraih RSUD Siak menjadi modal kuat rumah sakit yang dibangun tahun 2005 ini menjadi rujukan regional. "Sebenarnya bukan karena penghargaan ini saja. Tapi indikator meraih penghargaan ini. Itu yang menjadi nilai plus dan layak dipertimbangkan RSUD kita jadi rujukan regional," kata dia.

Apalagi, kata Alfedri, predikat paripurna ini diraih tanpa melalui tahap awal atau Predikat Pertama. Artinya langsung diberikan predikat paripurna. "Di Riau yang dapat Paripurna ini hanya Siak dan Dumai. Kita diberikan langsung, artinya sudah layak dan tanpa melalui tahap awal atau predikat pertama," ujar Alfedri. ***

Kategori : Riau, Siak, Umum
wwwwww