Home > Berita > Dumai

Astaga, 10 Pelajar di Dumai Diduga Terinfeksi HIV/AIDS

Astaga, 10 Pelajar di Dumai Diduga Terinfeksi HIV/AIDS

Ilustrasi. (KOMPAS.com)

Minggu, 21 Juli 2019 21:32 WIB
DUMAI, POTRETNEWS.com - Lima pelajar di Kota Dumai, Riau diduga tertular HIV dan AIDS, virus ini sudah menyebar ke seluruh kecamatan. Penyebaran virus HIV dan AIDS di Kota Dumai patut menjadi perhatian serius pemerintah.

Bukan tanpa alasan, sepanjang Juni 2019, terdapat sekira 442 orang penderita penyakit epidemi yang belum ditemukan jalan keluarnya tersebut. Kabid P2P Dinkes Kota Dumai Nurbaity, Sabtu (20/7/2019), mengatakan, hampir semua golongan dan latar belakang masyarakat di Kota Dumai sudah tertular.

Dia menyebut, usia rata-rata masyarakat tertular epidemi tersebut berkisar di usia 20 sampai 49 tahun. ”Bahkan, ada lima penderita HIV dan AIDS yang terdeteksi tertular berada di usia pelajar,” ungkap dia.

HIV dan AIDS, sebutnya, bisa menular lewat kontak cairan tubuh seperti darah, cairan pada organ intim wanita, cairan sperma dan air susu ibu (ASI). ”Selalu hindari perilaku seks tak aman demi kesehatan bersama oleh seluruh masyarakat tanpa terkecuali bisa menjadi satu strategi pencegahan yang efektif," pungkasnya.

Dari data dihimpun dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Dumai, sebanyak 296 orang di antaranya masih berstatus hidup.

”Seluruh kecamatan di wilayah Kota Dumai sudah terpapar epidemi HIV dan AIDS. Oleh karenanya, hal ini harus menjadi perhatian bersama semua pihak di masyarakat, tak hanya pemerintah saja," ungkap Ketua KPA Dumai, Eko Suharjo.

Dilanjutkannya, masyarakat yang merasa khawatir dengan penyakit tersebut diharapkan bisa memeriksakan diri ke Klinik Voluntary Consulting Test (VCT) secara aktif. Pemeriksaan bisa dilakukan di puskesmas-puskesmas di lingkungan masyarakat atau langsung ke RSUD Kota Dumai. ***

Berita ini telah tayang di tribunnews.com dengan judul "5 Siswa di Dumai Terinveksi HIV AIDS, Dinkes: Bisa Menular Lewat Cairan Intim Wanita, Sperma & ASI"

Editor:
Akham Sophian
Kategori : Dumai, Umum
wwwwww