Home > Berita > Riau

Lahan di Siak Kembali Terbakar, Heli Water Bombing Dikerahkan

Lahan di Siak Kembali Terbakar, Heli <i>Water Bombing</i> Dikerahkan

Helikopter dikerahkan memadamkan api.

Minggu, 14 Juli 2019 20:16 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali melanda Kabupaten Siak, Riau. Lokasinya di Km 79 Kampung/Kecamatan Dayun. Untuk memadamkan Karhutla, BNPB mengerahkan helikopter untuk patroli dan water bombing. Kepala Bidang Damkar BPBD Siak Irwan Pryatna mengatakan, kebakaran di Km 79 Dayun itu sudah terjadi sejak sore kemarin. Ada satu unit helikopter dikerahkan untuk melakukan water bombing (bom air).

"Kondisi terakhir, areal kebakaran telah dapat lokalisir keliling dengan sekat. Kabarnya lahan ini milik warga, berbatasan dengan PT Ekawana di Dayun," kata Irwan, Ahad (14/7/2019).

Selain pemadaman melalui udara, penanganan kebakaran hutan lahan juga dilakukan tim satgas darat yakni personil TNI, Polri, BPBD Siak, Manggala Aqni dan pihak perusahaan (BOB dan PT Ekawana).

"Heli dikerahkan karena lokasi kebakaran jauh dari sumber air. Posisi terakhir semua mesin sudah berada di lokasi. Petugas telah mengelilingi areal yang terbakar, untuk mencegah lompatan api sambil melaksanakan pendinginan dari sekat ke areal yang terbakar," kata Irwan.

Seunit Excavator juga dikerahkan untuk membuat sekat. Di sekat itu lah dibuat embung untuk sumber air pemadaman dan pendinginan lahan.

"Luas lahan yang terbakar belum diketahui. Saat ini masih dilakukan pendinginan," ujar Irawan. ***

Kategori : Riau, Siak, Umum, Peristiwa
wwwwww