Kode Suap Gubernur Kepulauan Riau bak Menu Restoran Seafood

Kode Suap Gubernur Kepulauan Riau bak Menu Restoran <i>Seafood</i>

Ilustrasi. (MERDEKA)

Jum'at, 12 Juli 2019 16:37 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan sejumlah kode suap dalam kasus Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun. Bak menu restoran seafood, nama-nama biota laut diketahui jadi kamuflase untuk menutupi penyerahan uang kepada Gubernur Kepri tersebut.

"Tim mendengar penggunaan kata ikan sebelum rencana penyerahan uang," kata juru bicara KPK, Febri Diansyah, Jumat, 12 Juli 2019.

Febri mengatakan salah satu nama ikan yang disebut adalah ikan Tohok. Selain itu, ada juga kode daun dalam kasus ini. Saat penyerahan uang, para pihak yang diduga terlibat juga menggunakan istilah penukaran ikan untuk menutupi penyerahan duit. "Saat KPK melakukan OTT awal di pelabuhan, pihak yang diamankan saat itu sempat berdalih tidak ada uang yang diterima, tetapi kepiting," kata Febri.

KPK menetapkan Nurdin dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Kepri Edy Sofyan serta Kepala Bidang Perikanan Tangkap Budi Hartono sebagai tersangka penerima suap. KPK menyangka ketiganya menerima suap dari pengusaha bernama Abu Bakar, terkait izin prinsip dan lokasi reklamasi di wilayah sekitar Kepulauan Riau.

Nurdin diduga menerima uang dari Abu Bakar baik secara langsung maupun melalui Edy Sofan dalam beberapa kali kesempatan. Pada 30 Mei 2019, Nurdin menerima sebesar SGD 5.000 dan Rp 45 juta. Kemudian esoknya, 31 Mei 2019 terbit izin prinsip reklamasi untuk Abu Bakar untuk luas area sebesar 10,2 hektar. Menyusul pada 10 Juli 2019, Abu Bakar memberikan tambahan uang sebesar SGD 6.000 kepada Nurdin melalui Budi Hartono. ***

Berita ini sudah tayang di tempo.co dengan judul ”Ikan Tohok dan Kepiting Jadi Kode Suap Gubernur Kepri”

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Hukrim
wwwwww