Home > Berita > Riau

Silat Sunting 12 dari Siak, Pukau Pengunjung Festival Pusaka Nusantara 2019 di Bali

Silat Sunting 12 dari Siak, Pukau Pengunjung Festival Pusaka Nusantara 2019 di Bali

Penampilan dua pendekar memainkan Silat Sunting 12 di Bali.

Minggu, 23 Juni 2019 22:49 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Gemuruh tepuk tangan terdengar saat kontingen Siak tampil pada pawai Festival Pusaka Nusantara (FPN) 2019, Sabtu (22/6/2019) kemarin di Karangasem, Bali. Siak menampilkan 2 orang pendekar memainkan silat Sunting 12. Penampilan itu pun membuat pengunjung berdecak kagum.

Tak hanya silat, pada pawai FPN ini, Siak juga menampilkan beragam seni budaya khas melayu tempo dulu.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, pun melontarkan pujian atas penampilan delegasi Kabupaten Siak ini.

"Terimakasih atas partisipasi Kabupaten Siak dalam memeriahkan Festival Pusaka Nusantara di Karangasem. Kami  berharap kolaborasi antar anggota kota pusaka dapat berkelanjutan dan saling mendukung dalam melestarikan berbagai peninggalan budaya di nusantara," kata I Gusti Ayu.

I Gusti Ayu juga menyampaikan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengunjungi Kabupaten Siak untuk menyemarakkan iven Festival Pusaka Nusantara VIII dan Rakernas JKPI tahun 2020 yang diselenggarakan di Kabupaten Siak.

Sementara Bupati Siak Alfedri menyampaikan, pada pawai budaya itu Kabupaten Siak mengangkat tema Melayu Siak Tempo Dulu, dimana pakaian yang kenakan merupakan gambaran suasana masyarakat Melayu saat kejayaan Kerajaan Siak Sri lndrapura.

"Silat Sunting 12 ini merupakan seni bela diri tradisional yang biasa ditampilkan dalam upacara adat di Kerajaan Siak," kata Alfedri.

Ini ditampilkan, kata Alfedri, untuk mendukung promosi pariwisata budaya yang ada di Kabupaten Siak, mengingat sampai saat ini Istana Kerajaan Siak masih berdiri kokoh dan di dalamnya masih ada barang-barang peninggalan sejarah. ***

Kategori : Riau, Siak, Umum
wwwwww