PotretNews.com Sabtu 25 Mei 2019
Home > Berita > Riau

Pemkab Siak Dukung Penuh Program Seri Komoditas

Pemkab Siak Dukung Penuh Program Seri Komoditas

Bupati Siak Alfedri (tengah).

Kamis, 16 Mei 2019 00:48 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak Riau mendukung penuh program Seri Komoditas tahun 2019 ini. Sebab strategis bagi proses transformasi komoditas dalam kebutuhan investasi kabupaten."Program ini juga berpengaruh pada visi dan prinsip Kabupaten Siak sebagai Kabupaten Hijau," kata Bupati Siak, Alfedri, Rabu (15/5/2019).

Alfedri mengatakan, Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LKTL) melaksanakan program dengan nama Masterclass Investasi Lestari ini, sebagai program pelatihan bertahap yang dirancang untuk mendukung pemerintah daerah dan pemangku kepentingan mempersiapkan portfolio investasi berdasarkan kebutuhan nyata di lapangan.

"LKTL mulai berkegiatan 15-17 Mei 2019. Pesertanya mulai dari lintas pemangku kepentingan, OPD, UKM dan koperasi masyarakat," ujar dia.

Ads
Meraka nantinya, kata Alfedri, akan diarahkan untuk mempersiapkan data yang dibutuhkan dalam menyusun portfolio bisnis dengan fokus pada komoditas strategis dari Kabupaten Siak. Data itu seperti komoditas unggulan kabupaten, data infrastruktur,  dokumen lerencanaan, pendapatan daerah, profil buyer dan seller.

"Kita mendukung karena didalamnya terkait investasi. Sebab tanpa investasi tidak akan ada kegiatan ekonomi dan ini berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Maka dari itu kita diminta untuk membuat portofolio atau proposal untuk mendukung kegiatan-kegiatan ekonomi, sehingga kedepan diharapkan ada investor tertarik dengan potensi yang ada di Kabupaten Siak," kata dia.

Apalagi, lanjut Alfedri, Kabupaten Siak saat ini memiliki potensi kebun kelapa sawit seluas 340.000 hektar. Tentu ini bisa menjadi salah satu investasi yang dapat menarik minat dari pihak lain.

"Setelah adanya pelatihan ini, saya berharap sudah terbentuk tim kerja peningkatan daya saing daerah, serta draft awal dari Portfolio Bisnis yang akan dikembangkan sampai dengan Bulan Juni mendatang di Kabupaten Siak," kata Alfedri.

Alfedri menambahkan, yang ada didalam tim percepatan peningkatan daya saing daerah ini dari OPD dan pemangku kepentingan terkait. Mereka nantinya bertanggung jawab atas keterlibatan aktif daerah dalam rangkaian acara Masterclass Investasi Lestari sepanjang tahun 2019. ***

Kategori : Riau, Siak, Umum
wwwwww