PotretNews.com Rabu 21 Agustus 2019

Jokowi Kalah, Kursi PDIP di DPRD Riau Malah Bertambah

Jokowi Kalah, Kursi PDIP di DPRD Riau Malah Bertambah

Jokowi dan Megawati. (ILUSTRASI)

Selasa, 14 Mei 2019 15:21 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kekalahan Jokowi - Ma'ruf di Riau ternyata tidak berdampak negatif kepada partai pengusung utamanya, PDI Perjuangan.Berdasarkan data DA1 hasil Pleno PPK se-kabupaten/kota Provinsi Riau, perolehan kursi PDI Perjuangan pada Pemilu serentak April lalu justru meningkat.

Jika pada Pemilu 2014 PDI Perjuangan hanya memperoleh 9 kursi di DPRD Riau, pada pemilu kali ini ”Partai Banteng” menambah satu kursi menjadi 10 kursi.

Hanya saja hingga berita ini diturunkan, Pelaksana Tugas Ketua DPD PDI Perjuangan Riau Rohmin Danuri belum memberikan penjelasan terkait capaian tadi.

Terpisah, pengamat politik dari Universitas Riau Tito Handoko mengatakan fenomena kalahnya Jokowi dan positifnya capaian PDI Perjuangan di Riau, merupakan imbas sikap rasional partai politik .

”Partai secara internal pastilah diinstruksikan untuk memperkuat basis-basis pemilih, dan memetakan segmentasi pemilihnya masing-masing. Disamping itu partai juga akan menimbang masukan dari akar rumput dalam mensosialisasikan Capres, termasuk PDI Perjuangan," terangnya, Senin (13/5/2019).

Saat disinggung daerah mana saja yang menjadi basis pemilih PDI Perjuangan, Tito menyebut daerah perkampungan transmigrasi menjadi salah satu tempat yang dioptimalkan PDI Perjuangan.

Hasil Pemilu serentak April lalu, capaian suara Jokowi - Ma'ruf di Riau memang masih jeblok meski petahana ini ditopang oleh sejumlah kepala daerah dan bahkan Gubernur Riau, Syamsuar. Suara Jokowi masih kalah dibanding Prabowo. Bahkan kekalahan Jokowi tadi merata di seluruh daerah di Riau. Itu berdasarkan hitungan rekapitulasi KPU Riau di 11 Kabupaten / kota,

Prabowo-Sandiaga meraup suara sebanyak 1.735.633 suara sedangkan Jokowi - Ma'aruf hanya kebagian 1.111.452 suara.

Jokowi seperti diketahui merupakan kader PDI Perjuangan. Partai besutan Megawati Soekarno Putri ini, bahkan menjadi partai terdepan yang memperoleh efek ekor jas (coactail effec) dalam gelaran pemilu kali ini, khususnya di kubu koalisi 01.

Namun keberhasilan PDI Perjuangan menaikan jumlah kursi dan kalahnya Jokowi di Riau, justru menimbulkan tanda tanya soal soliditas partai memenangkan Jokowi. ***

Artikel ini telah tayang di gatra.com dengan judul "Jokowi Kalah, Kursi PDIP di Riau Malah Bertambah"

Editor:
Akham Sophian
Ads
Kategori : Politik, Riau
wwwwww