Home > Berita > Riau

Tahun 2020, Arah Pembangunan di Siak Sesuai dengan Rencana Pemerintah Pusat

Tahun 2020, Arah Pembangunan di Siak Sesuai dengan Rencana Pemerintah Pusat

Sekda Siak HTS Hamzah.

Kamis, 09 Mei 2019 23:22 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menekankan, pembangunan daerah akan diarahkan sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2020. "Ada lima yang menjadi prioritas. Ini disampikan Pak Menteri Bambang Brodjonegoro saat Musrenbangnas RKP tahun 2020 di Jakarta Kamis pagi tadi," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Tengku Said Hamzah dalam keterangan tertulis, Kamis (9/5/2019) malam.

Yang pertama, kata Sekda, prioritas pemerintah pusat yakni pengentasan kemiskinan. Kedua, infrastruktur dan pemerataan wilayah.

"Jadi kepala daerah diminta untuk mengembangkan dan menyambung jalan tol yang dibangun ketitik-titik ekonomi seperti industri, wisata dan sentra-sentra ekonomi lainnya yang ada di daerah," kata dia.

Terus poin yang ketiga, peningkatan nilai tambah sektor riil dan industrialisasi, serta memperluas kesempatan kerja. Keempat peningkatan ketahanan pangan, air, energi dan lingkungan hidup, serta yang kelima stabilitas pertahanan dan keamanan.

"Untuk mencapai target pembangunan itu diperlukan kerjasama dan sinergi semua unsur pemerintahan. Sementara sarana penunjangnya, infrastruktur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah," kata dia.

Sekda menambahkan, dalam Musrenbangnas pemerintah pusat melalui Kementerian PPN Bappenas juga menjelaskan kunci untuk merealisasikan lima prioritas tersebut. Diantaranya membentuk ekosistem yang memiliki sumber daya manusia (SDM) berkualitas, berdaya saing, terdidik dan berkarakter.

"Jadi, kalau untuk meningkatkan SDM, di Siak selama ini telah memberikan bantuan beasiswa bagi siswa berprestasi untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi terkemuka baik tingkat nasional maupun luar negeri," kata dia. ***

Kategori : Riau, Siak, Umum
wwwwww