PotretNews.com Rabu 16 Oktober 2019
Home > Berita > Riau

Pleno KPU Selesai, Golkar Kampiun, PAN Runner Up di Dapil IV Siak

Pleno KPU Selesai, Golkar Kampiun, PAN <i>Runner Up</i> di Dapil IV Siak

Hasil rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Siak. (POTRETNEWS.com/SAHRIL RAMADANA).

Senin, 06 Mei 2019 22:53 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Partai Golkar berjaya di Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Siak IV mencakup Kecamatan Minas, Kandis dan Kecamatan Sungaimandau.Bila di tiga Dapil Kabupaten Siak PAN kampiun, maka di Dapil IV harus puas di posisi runner up.

Pasalnya, di daerah pemilihan ini Golkar unggul jauh di banding PAN dan partai peserta Pemilu 2019 lainnya.

Tidak hanya itu, suara Caleg Golkar nomor 1 Jondris Pakpahan di Dapil tersebut, juga setara dengan total suara Partai Demokrat di Dapil II Siak yang dapat mengantarkan caleg-nya Teguh Tatang Y duduk di gedung megah DPRD Siak.

Ads
Jondris Pakpahan meraup suara sah 3744. Secara keseluruhan, dari data rekap hasil perolehan suara yang diperoleh potretnews.com, Partai Golkar berhasil meraup suara 13.471 di Dapil IV Siak. Sementara total keseluruhan suara PAN di Dapil ini hanya 7.975 suara.

Maka, dari 10 kursi DPRD Siak yang diperebutkan di Dapil IV, Partai Golkar berkesempatan besar mendapat jatah tiga kursi.

Namun, pleno penetapan kursi DPRD Siak belum dilaksankan KPU Siak. Pihak penyelenggara Pemilu ini masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) RI.

"Kita tunggu dulu surat dari MK. Jika tidak ada caleg menggugat ke sana, maka secepatnya akan kita laksanakan pleno penetapan kursi DPRD Siak. Kalau yang kita lakukan saat ini kan hanya pleno perolehan suara partai dan caleg. Untuk kursinya sabar dulu. Saya rasa para caleg dan parpol juga sudah mengetahui hasilnya," kata Ketua KPU Siak Ahmad Rizal menjawab potretnews.com, Senin (6/5/2019).

Berikut urutan parpol peraih suara terbanyak di Dapil IV Siak yang dirangkum potretnews.com dari hasil rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten yang digelar KPU Siak di Gedung Tengku Mahratu, Senin (6/5).

1. Golkar 13.471 suara
2. PAN 7.975 suara
3. PDIP 7.903 suara
4. Gerindra 7.144 suara
5. Hanura 4.227 suara
6. PKS 3.275 suara
7. Nasdem 3.191 suara
8. Demokrat 2.701 suara. ***
       
        Loading...    
           
Kategori : Riau, Siak, Politik
       
        Loading...    
           
wwwwww