Home > Berita > Riau

PPK Bungaraya Siak Terbukti Alihkan Suara Parpol ke Caleg

PPK Bungaraya Siak Terbukti Alihkan Suara Parpol ke Caleg

Ketua Bawaslu Siak memberikan penjelasan saat rapat pleno kabupaten di Gedung Tengku Mahratu, Siak/POTRETNEWS.

Sabtu, 04 Mei 2019 17:28 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Panitia Pemungutan Suara Kecamatan (PPK) Bungaraya, Siak terbukti mengalihkan suara partai politik (parpol) ke salah satu calon legislatif (caleg). Praktik itu diketahui mulanya saat sejumlah saksi Parpol peserta Pemilu 2019 memprotes hasil pleno di tingkat Kecamatan Bungaraya saat rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara KPU Siak di Gedung Tengku Mahratu, Kota Siak Sri Indrapura, Sabtu (4/5/2019).

Sejumlah saksi Parpol mengaku ada kekeliruan hasil rekap suara yang dilakukan oleh PPK. Atas protes itu, sejumlah saksi Parpol merekomendasikan KPU membongkar kotak dan menganti DA1 di tingkat Kecamatan Bungaraya.

"Sudah terbukti PPK Bungaraya memindahkan suara parpol ke caleg di parpol yang sama. Kasus ini masih dalam proses," kata Ketua Bawaslu Siak, Moh Royani menjawab potretnews.com.

Sebelum diproses lebih lanjut, kata Royani, PPK Bungaraya diberikan sangsi moril mengganti DA1 di tingkat Kecamatan Bungaraya.

"Mereka (PPK), tak bisa keluar dari ruangan rapat pleno kabupaten ini sebelum memperbaiki DA1 di Bungaraya. Ini sangsi moril bagi mereka sebelum kita proses nantinya," tegas Royani.

Saat ditanya apa nama caleg dan parpol yang digelembungkan suaranya oleh PPK Bungaraya, Royani mengaku belum bisa menjelaskannya secara rinci sebab kasusnya masih dalam proses.

"Tunggu saja perkembangannya. Nanti kita kabari. Intinya PPK Bungaraya sudah terbukti memindahkan suara parpol ke caleg," kata Royani.

"Kalau ditanya siapa dalang dari semua ini, nanti kita kabari. Namun dugaan saya, tidak mungkin PPK bermain kalau tidak ada dalangnya. Tapi ini masih dugaan saya ya mas," kata Royani.

Untuk diketahui, Kecamatan Bungaraya salah satu wilayah yang masuk ke Daerah Pemilihan (Dapil) I Siak bersama Kecamatan Pusako, Mempura, Siak, Sungaiapit dan Sabakauh. ***

Kategori : Riau, Siak, Umum, Peristiwa
wwwwww