KPK Ingatkan Caleg dan Capres-Cawapres Jangan Tawarkan Uang kepada Masyarakat

KPK Ingatkan Caleg dan Capres-Cawapres Jangan Tawarkan Uang kepada Masyarakat

Ilustrasi/MEDIAINDONESIA.

Selasa, 16 April 2019 11:31 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Laode M Syarif, mengingatkan para calon anggota legislatif (caleg) dan pihak calon presiden-wakil presiden untuk tak memberikan uang ke masyarakat jelang Pemilu 2019 nanti. ”Kepada para caleg dan capres diminta tidak menawarkan uang kepada masyarakat. Ayo kita laksanakan pesta demokrasi dengan jujur dan adil," kata Laode, Senin (15/4/2019).

Di sisi lain, Laode juga mengingatkan masyarakat agar tidak meminta uang dan harus menolak iming-iming uang dari peserta Pemilu 2019. ”KPK mengiimbau kepada masyarakat agar tidak meminta uang dan menolak pemberian uang," kata dia.

Pada kesempatan sebelumnya, Laode pernah menegaskan, politik uang justru merugikan pemilih sendiri. "Kalau dia tawari Rp 100.000, enggak usah Rp 100.000 deh, Rp 1 juta. Rp 1 juta, kamu bagi dengan 5 tahun. Satu tahun itu berapa? 365 hari. 365 hari kali 5 berapa? 1.500-an (hari). Jadi Rp 1 juta dibagi 1.500 (hari) berapa? Sedikit banget. Jadi harga kamu itu sedikit banget," ujarnya dalam diskusi #PilihYangJujur di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi, Jakarta, Jumat (22/3/2019) silam.

Ia menjelaskan, apabila calon yang berpolitik uang terpilih, potensi dia melakukan tindak pidana korupsi sangat tinggi. Padahal mereka memiliki fungsi yang besar yang harus dipertanggungjawabkan ke publik.

”Orang yang membayar itu tidak lagi datang siap mengayomi, menjalankan amanah rakyat. Jungkir balik siap, enggak mungkin. Oleh karena itu kita menolak yang namanya politik uang. Jangan mau sekali dibayar," kata dia

Laode juga menekankan publik menggali berbagai informasi menyangkut calon pilihannya. Hal itu guna memastikan apakah mereka patut dipilih atau tidak.

”Jadi kita cari, oh pas di Google dia mantan napi koruptor, singkirkan. Oh dia pernah KDRT, enggak. Kan (informasi di) Google banyak sekarang," kata Laode. Apabila tak menemukan catatan kejahatan yang dilakukan calon pilihannya, pemilih bisa mengamati kontribusi-kontribisi calon di lingkungan sekitarnya.

Jika tetap tak menemukan kontribusi positif, lebih baik tidak usah dipilih. "Kalau enggak ada, ya, enggak usah dipilih. Ya walaupun dasinya bagus, cantik, senyumnya dari kiri, kanan, cantik banget, enggak ada gunanya. Karena kita bukan memilih bintang iklan," ungkap dia. ***

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul "KPK: Kepada Caleg dan Capres-Cawapres Jangan Tawarkan Uang kepada Masyarakat"

Editor:
Akham Sophian
Kategori : Hukrim, Politik
wwwwww